JICA Fasilitasi Kerja Sama Tomohon dengan Minamibosho di Bidang Pertanian

Reporter : | 21 Jul, 2016 - 7:56 am WITA

Pertemuan JICA dengan Pemkot Tomohon

Pertemuan JICA dengan Pemkot Tomohon

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Satu lagi rencana kerja sama Kota Tomohon dengan mancanegara mulai dijajaki yakni kerja sama di bidang pertanian.

Rabu (20/7/2016),  Japan International Cooperation Agency (JICA)  berkunjung ke Kota Tomohon untuk menjadi fasilitator rencana kerja sama tersebut.

Kunjungan di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Bappeda) tersebut, pihak JICA melalui konsultannya Jun Tsurui PhD yang diterjemahkan Tsuyoshi Maeyama selaku Direktur PT Mayaindo Plus yang bergerak dalam bidang penelitian, pelayanan dan terjemahan.

Dalam pertemuan yang penuh keakraban ini, konsultan JICA Jun Tsurui mengatakan bahwa tujuan kunjungan dan dialog ini adalah dalam rangka menjajaki kemitraan antar Pemerintah Kota Tomohon dengan salah satu Kabupaten atau Kota di Jepang di antaranya Pemerintah Kabupaten Minamibosho Provinsi Chiba.

Kabupaten ini berada di dekat Tokyo tetapi berada di luar Kota industry Tokyo. Sebelumnya telah diadakan pertemuan dengan kepala Dinas Pertanian untuk membicrakan program kegiatan ini yang dititikberatkan pada upaya untuk meningkatkan pertanian.

Ada tujuh pemerintah daerah di Jepang yang terpilih bermitra. Kota Tomohon sendiri termasuk dalam jadwal pengembangan dalam program ini dari lima kabupaten dan kota yang terseleksi.

Tim JICA memaparkan seputar “Program Stasiun Jalan” yang telah dikembangkan di Minamibosho dan telah sukses. Meskipun di tempat ini pertaniannya bagus tetapi para pemuda lebih suka pindah ke kota besar seperti Tokyo. Hal ini yang menjadi tantangan dalam pengembangan pertanian di Minamibosho.

Dengan potensi yang dimiliki Tomohon tentu mereka berharap dapat diprogramkan dalam pembangunan di Kota Tomohon sekaligus sebagai bentuk kerja sama saling menguntungkan.

Program Stasiun Jalan di Minamibosho telah menyediakan stasiun yang lengkap dengan fasilitasnya guna menunjang beberapa kegiatan sebagai sumber pendapatan yakni tempat pemasaran hasil usaha pertanian, tempat istirahat, pusat informasi dan fasilitasi dalam memberikan kemudahan berkomunikasi dengan penduduk melalui kebudayaannya dan yang lainnya. Pada 27-29 Juli nanti delegasi dari Pemkab Minamibosho akan berkunjung ke Kota Tomohon untuk mengadakan pertemuan dengan wali kota dan dinas terkait.

JICA nantinya menfasilitasi dan membiayai dua orang pejabat dalam dinas terkait yakni Kepala Bappeda dan Kepala Dinas Pertanian untuk berkunjung ke Pemkab Minamibosho Provinsi  Chiba Jepang pada 6-15 September 2016.

Selain Kota Tomohon ada juga  Kabupaten Aceh Tengah, Kota Semarang, Kota Batu dan Kota Malang yang akan mengikuti program JICA ini.

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak sangat berterima kasih kepada pemerintah Jepang dan JICA yang memilih Kota Tomohon.

‘’Ya, ini karena Tomohon memiliki potensi yang besar, terutama di bidang pertanian dan pariwisata. Oleh karena itu, konsep pembangunan Kota Tomohon yang  diarahkan pada pengembangan pariwisata menuju kota pariwisata dunia,’’ kata Eman didampingi Wakil Wali Kota Syerly Adelyn Sompotan.

Selain Bappeda, turut hadir pada pertemuan  tersebut Kabag Humas dan Protokol Setdakot Tomohon Fransiskus Ferdinand Lantang SSTP. (ark)

 

Baca Juga :

Leave a comment