Gubernur Sulut Lantik Watung Sebagai Penjabat Bupati Bolmong

Reporter : | 20 Jul, 2016 - 4:12 pm WITA

Gubernur Sulawesi Utara , Olly Dondokambey, Adrianus N. Watung , Penjabat Bupati Bolaang Mongondow

Gubernur Sulut Olly Dondokambey, ketika memasang tanda pangkat kepada Pj. Bupati Bolmong, Adrianus N. Watung

SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, melantik serta mengambil sumpah dan janji kepada Kepala Badan Pengelola Perbatasan Pemprov Sulut, Adrianus N. Watung sebagai Penjabat Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), Rabu (20/7/2016).

Pelantikan yang digelar di ruang Mapalus kantor gubernur Sulut ini, diawali dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) oleh Kepala Biro Pemerintahan dan Humas, Jemmy Kumendong, yakni SK Mendagri No. 131.71-5536 Tahun 2016 Tanggal 12 Juli 2016, tentang pengangkatan Pj. Bupati Bolmong Provinsi Sulut.

Pelantikan ini lagi dilaksanakan, untuk mengantisipasi terjadinya kekosongan pemerintahan di Bolmong, sebab masa kepemimpinan Bupati Salihi Mokodongan dan Wakil Bupati Yanny Tuuk untuk periode 2011-2016, telah berakhir pada 16 Juli 2016.

Dalam sambutannya, Dondokambey menjelaskan terkait ditunjuknya Watung untuk “menakhodai” Kabupaten Bolmong sampai pada pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Definitif Tahun 2017 nanti.

Menurut Dondokambey, proses penunjukan Watung sebagai Pj. Bupati Bolmong, setelah melalui kajian dan masukan.

“Saya yakin pak Watung mampu menjalankan tugas untuk melaksanakan pemerintahan di Bolmong, termasuk melaksanakan Pilkada Bolmong nanti, dan menjaga netralitas ANS,” jelasnya.

Mantan Anggota DPR RI menyatakan, alasan lain juga yakni tak memilih pejabat asal Bolmong, karena ditakutkan kedepan pejabat tersebut melakukan pencitraan.

“Oleh karena itu saya memilih pejabat di luar Bolmong untuk menjabat Penjabat Bupati Bolmong. Memang biasanya ditunjuk putra daerah. Tapi ujungnya pejabat yang bersangkutan hanya melakukan pencitraan dan kemudian mencalonkan diri nanti,” terang Dondokambey.

Lanjutnya, tugas utama lainnya yang harus disukseskan Watung yaitu memastikan penyelenggaraan setiap tahapan Pilkada serentak Tahun 2017 agar dapat berjalan dengan aman, lancar, kondusif, jujur, adil dan bermartabat hingga pasca Pilkada serta dilantiknya Kepala Daerah definitif.

“Termasuk mampu mensolusikan berbagai permasalahan dan isu strategis yang sekiranya terjadi, sambil terus berkoordinasi dengan Pemprov Serta stakeholders pembangunan terkait,” ungkap Dondokambey.

Turut hadir pada pelantikan tersebut, Wakil Gubernur Steven Kandouw, Ketua dan Wakil Ketua PKK Sulut, Sekprov S.R. Mokodongan, jajaran Forkopimda Sulut, para pejabat di Lingkup Pemprov Sulut, mantan Bupati dan Wakil Bupati Bolmong Salihi Mokodongan dan Yanni Tuuk, para pejabat di Lingkup Pemkab Bolmong. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment