Peneliti: Tidur Siang Bisa Buat Anda Lebih Kreatif

Reporter : | 19 Jul, 2016 - 10:34 pm WITA

Tidur Siang, manfaat Tidur Siang,kreativitas

(foto: Pixabay)

MANADOTODAY.CO.ID – Anda termasuk orang yang gemar tidur siang? jika iya maka Anda harus bangga karena Anda mungkin termasuk dalam kategori orang yang kreatif.

Menurut sebuah studi yang dipimpin oleh Sara Medick, asisten profesor di Universitas California Riverside, tidur siang dapat meningkatkan memori dan kreativitas.

Dalam penelitian, timnya merekrut 81 peserta, yang dibagi menjadi dua kelompok, untuk mengambil dua versi tes uji kreativitas.

Pertama mereka semua diberikan tiga kata dan kemudian diminta untuk memberikan sebuah kata yang akan mengaitkan ketiga kata pertama, (misalnya: krim / meluncur / air = es).

Setelah itu, mereka diberikan ‘serangkaian analogi’ yang berisi petunjuk untuk tes memori yang akan berlangsung sore hari.

Kelompok pertama kemudian diminta untuk tidur siang, sedangkan kelompok kedua menonton film.

Setelah kedua kelompok berkumpul, para ilmuwan menemukan kelompok tidur siang, 40 persen lebih baik saat menyelesaikan tes kedua dibandingkan kelompok yang menonton film.

Ini kata mereka disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk gerakan mata cepat yang mengarah ke ‘mimpi fantasi dan pengolahan asosiatif’, serta fakta bahwa tidur siang dapat merubah memori jangka pendek menjadi jangka panjang.

Baca Juga :

Leave a comment