“Banyak Kepala Desa di Sulut Hanya Tamatan SD”

Reporter : | 19 Jul, 2016 - 4:19 pm WITA

SULUT, (manadotoday.co.id) – Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Pemprov Sulawesi Utara (Sulut), Rudi Mokoginta, mengatakan, banyak Kepala Desa di daerah ini hanya lulusan Sekolah Dasar (SD). Menurut Mokoginta, sesuai aturan saat ini, mereka yang menjabat ataupun akan mencalonkan diri sebagai Kepala Desa, menimal berpendidikan SMP.

“Nah… dari situ diketahui banyak kepala desa yang datang berkonsultasi ke BPMPD Sulut menanyakan nasib mereka, agar tak melanggar aturan,” ujar Mokoginta.

Dijelaskan mantan Penjabat (Pj) Bupati Bolmong Timur ini, guna menyelesaikan permasalahan ini, BPMPD memberikan solusi agar para Kepala Desa yang lulusan SD ini mengikuti ujian Paket B.

“Solusinya kami menyuruh mereka untuk ikut ujian paket B,” terang Mokoginta.

Berbeda pula dengan aturan soal perangkat Desa. Kata Mokoginta, minimal pendidikan perangkat desa sesuai aturan saat ini, berpendidikan SMA.

“Jadi kalau juga ada perangkat desa yang hanya lulusan SD ataupun SMP, harus mengikuti ujian paket C,” tandas Mokoginta. Diketahui, untuk jumlah desa di Provinsi Sulut saat ini, sebanyak 1508 Desa. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment