Komputer Raksasa Ini Bernilai Lebih Dari Rp 700 Juta, Tapi Hanya Mampu Digunakan Bermain Tetris

Reporter : | 18 Jul, 2016 - 7:44 pm WITA

komputer raksasa, superkomputer,James Newman,

(foto: Megaprocessor/Facebook)

MANADOTODAY.CO.ID – Seorang insinyur elektronik lulusan Cambridge, Inggris, mengeluarkan uang dalam jumlah banyak untuk membuat komputer raksasa yang hanya mampu digunakan untuk bermain Tetris.

Superkomputer miliki James Newman, dibuat dalam waktu lima tahun dan memakain biaya lebih dari Rp 700 juta, namun anehnya komputer tersebut satu juta kali lebih lambat dan memiliki memori jutaan lebih sedikit dari yang ada sekarang. Itu karena perangkat tersebut sebenarnya hanya mega mikroprosesor.

“Komputer cukup ‘tidak jelas’, dengan melihat secara langsung tidak mungkin untuk melihat bagaimana mereka bekerja. Apa yang saya ingin lakukan adalah masuk ke dalam dan melihat apa yang terjadi, “Newman menjelaskan di situs proyek Megaprocessor.com.

“Masalahnya kita tidak bisa mengecilkan tubuh untuk masuk di dalam sebuah chip silikon. Tapi kita bisa melakukannya dengan cara lain; kita dapat membuat (chip) dengan ukuran besar dan meilihat bagaiman dia bekerja. Tidak hanya itu, kita juga dapat menempatkan LED sehingga kita benar-benar dapat melihat data bergerak dan logika terjadi.” ungkapnya.

“Saya tidak berencana untuk menghabiskan (uang sebanyak itu) awalnya. Itu bertambah seiring berjalannya waktu dan saya sedikit lebih ambisius. Jika saya punya istri dia mungkin telah meninggalkan saya sekarang. ”

Megaprocessor berisi 40.000 transistor, 10.000 lampu LED dan beratnya sekitar setengah ton (500 kg). Panjangnya 10 meter dan tinggi 2 meter. Newman dapat memprogramnya – sejauh ini ia telah berhasil menggunakannya untuk bermain Tetris – tapi ia mengakui bahwa itu jauh lebih lambat dibandingkan dengan komputer rata-rata. “Namun, punya saya jauh lebih cantik, ia memiliki 10.000 LED,” candanya.

Baca Juga :

Leave a comment