Lima Tips Hindari Efek Jet Lag Bagi Anda yang Sering Berpergian

Reporter : | 15 Jul, 2016 - 4:27 pm WITA

MANADOTODAY.CO.ID – Orang-orang yang sering melintasi zona waktu atau bepergian ke luar negeri pasti sering merasakan yang namanya jet lag. Namun bagi Anda yang benci┬áhal tersebut, ada beberapa cara untuk meminimalkan efeknya, spesialis tidur mengatakan.

Terbang dari barat ke timur, seperti dari Amerika Serikat ke Eropa, akan menghasilkan jet lag yang lebih buruk, jelas David Earnest, yang mempelajari ritme sirkadian di Texas A & M Health Science Center College of Medicine.

“Anda akan selalu merasakan efek jet lag terburuk ketika melakukan perjalanan empat sampai enam jam menuju timur,” kata Earnest dalam rilis berita universitas.

“Hal ini karena jam tubuh kita mencoba untuk maju ke waktu sebelumnya,” katanya.

Untuk membantu Anda, Earnest memberikan beberapa tips untuk meminimalkan efek jet lag dikutip dari Health.com.

- Tidur: Tidur sepanjang penerbangan adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi efek dari jet lag. Earnest mencatat, bagaimanapun, mereka yang tidak bisa tidur saat di penerbangan malam hari akan lelah setelah mereka mendarat di pagi hari.

- Hindari obat tidur: Obat ini dapat membingungkan jam alami tubuh dan dapat memperburuk jet lag. Itu juga aga tetap berada dalam aliran darah dan dapat membuat Anda grogi atau cemas.

- Hindara alkohol atau kafein: Ide yang baik untuk menghindari minuman ini saat penerbangan malam.

- Berencana ke depan: Hal ini harus dilakukan setidaknya empat hari sebelum bepergian. Tidur dan waktu makan dapat secara bertahap dipindahkan sekitar satu jam per hari. Sesuai dengan zona waktu tempat Anda berpergian.

- Segera menyesuaikan diri: “Berjalan-jalan, minum kopi dan menjelajahi kota baru,” kata Earnest. Paparan sinar matahari akan membantu tubuh menyesuaikan diri dengan zona waktu yang baru.

Baca Juga :

Leave a comment