Ingin Berhenti Merokok? Tanam Implan Dalam Otak Mungkin Bisa Jadi Solusi

Reporter : | 15 Jul, 2016 - 2:42 pm WITA

rokok, Berhenti Merokok, Implan Otak

(foto: Pixabay)

MANADOTODAY.CO.ID – Ingin berhenti minum minuman keras atau merokok? menggunakan implan yang ditanam di otak mungkin bisa menjadi pilihan.

Para ilmuwan telah melakukan uji coba teknik pertama yang melibatkan penanaman perangkat kecil yang sudah diprogram ke dalam otak.

Implan tersebut dipasang di bagian otak yang mengendalikan nafsu / hasrat dan juga membantu mengurangi tingkat stres, yang dapat memperburuk kecanduan.

Menggunakan cutting-edge neuro-stimulators yang dibuat oleh perusahaan Amerika Serikat, St Jude Medical, yang dirancang untuk memungkinkan para ilmuwan dapat ‘berbicara’ ke otak melalui stimulasi listrik.

Ahli bedah saraf, Profesor Dirk De Ridder, dari Universitas Otago, telah memasukkan implan ke dalam otak enam pasien alkohol. Sejak operasi, tidak ada pasien yang menyalahgunakan alkohol dan dua yang lain juga telah berhenti merokok.

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa implan bisa membantu gangguan obsesif kompulsif (OCD), yang dikendalikan oleh bagian otak yang sama.

Profesor De Ridder mengatakan bahwa studi terbaru ini unik dalam hal penargetan keinginan / hasrat – salah satu dari tiga alasan utama pecandu kambuh.

Dua alasan lain adalah stres dan isyarat, seperti berjalan melewati sebuah bar atau toko yang menjual rokok dan minuman alkohol.

Dia mengatakan dikutip dari MailOnline: “Anda tidak bisa melakukan apa-apa dengan isyarat, dan Anda dapat mengobati stres tapi mungkin tidak begitu efisien, jadi itu sebabnya kami memilih menargetkan hasrat.”

Hasil awal dari penelitian akan dipresentasikan pada sebuah konferensi di Barcelona tahun depan, dan jika berhasil, akan diperluas mencakup lebih banyak pasien dari seluruh dunia.

Baca Juga :

Leave a comment