Harga Cengkih Anjlok Pedagang Diduga Permainkan Harga

AMURANG, (manadotoday.co.id) – Memasuki musim panen, harga jual cengkih terus mengalami penurunan. Jika beberapa pekan lalu masih di kisaran Rp 115.000 per kilo gram, saat ini harga cengkih di tingkat pedagang turun hingga Rp.94.000. Bahkan diprediksi, memasuki masa panen harga cengkih akan terus mengalami penurunan. Diduga kuat, turunnnya harga cengkih ini, karena ulah pedagang yang sengaja memainkan harga.

“Sudah menjadi kebiasaan setiap memasuki masa panen, harga cengkih pasti turun dan nanti akan naik nanti setelah masa panen habis,” ujar Meidy Kumayas salah satu petani cengkih asal Minsel.

Praktek ini menurutnya, dilakukan pedagang mengingat pada masa panen petani akan tetap menjual cengkih untuk membayar tenaga kerja dan kebutuhan lainnya. Apalagi jika petani cengkih tidak mempunyai simpanan dan hanya mengandalkan cengkih untuk dijual.

“Karena itu kami berharap Pemerintah akan memberikan jaminan harga dan melakukan pengawasan, sehingga pedagang tidak seenaknya mempermainkan harga. Idealnya harga cengkih diatas Rp 100.000 per kilogram, sebab dengan harga tersebut bisa menutupi biaya operasional dan Petani bisa menabung,” tukasnya. (lou)