Sebungkus Buah Anggur Ini Dihargai Rp 14,4 Juta

Reporter : | 13 Jul, 2016 - 11:03 pm WITA

Buah Anggur, Buah Anggur termahal, anggur Ruby Roman, jepang

(foto: The Guardian)

MANADOTODAY.CO.ID – Seorang pemilik toko bahan makanan di Jepang baru-baru membeli sebungkus buah anggur dengan harga yang fantastis, ¥ 1.1 juta atau sekira Rp 14,4 juta. Dihargai dengan harga yang mahal karena anggur tersebut merupakan jenis Ruby Roman.

30 buah anggur yang dibeli oleh Takamaru Konishi adalah yang pertama dari jenis Ruby Romawi yang dipanen musim ini. Buahnya seukuran bola ping pong.

Dibudidayakan hanya di Prefektur Ishikawa, anggur Ruby Romawi lahir pada tahun 1992, ketika benih dari jenis Fujimory pertama kali dibudidayakan. Selama beberapa tahun, itu kemudian dibudidayakan ke jenis Ruby Roman, dinamai setelah dilepas ke publik pada tahun 2004.

Agar layak menyandang label Ruby Roman, anggur harus memiliki berat minimal 20 gram dan kadar gula minimal 18 %. Buah tersebut diperkenalkan di pasar lelang buah Jepang pada tahun 2008 dan harganya melonjak sejak saat itu. Tidak mengherankan, anggur ini memecahkan rekor baru untuk anggur yang paling mahal di dunia yang dijual di lelang.

“Saya mulai berkeringat dingin,” kata Konishi kepada wartawan setelah memenangkan lelang dikutip dari The Guardian. “Saya sangat senang dan merasa terhormat.”

Dia menambahkan bahwa buah anggur itu akan dipamerkan di tokonya, dan kemudian akan dijadikan sampel untuk beberapa pembeli yang beruntung.

Diketahui buah merupakan simbol status di Jepang. Juga merupakan tradisi untuk memberikan buah berkualitas tinggi untuk acara-acara resmi seperti pernikahan, pertemuan bisnis atau kunjungan rumah sakit. Bahkan di Jepang terdapat toko buah yang hanya menjual produk langkah dan berkualitas tinggi.

Baca Juga :

Leave a comment