5R Sampah untuk Antisipasi Pemanasan Global

Reporter : | 13 Jul, 2016 - 8:13 am WITA

Peserta Temu Koordinasi tentang Pengendalian Pencemaran dan Polusi di Kota Tomohon

Peserta Temu Koordinasi tentang Pengendalian Pencemaran dan Polusi di Kota Tomohon

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak meminta kepada masyarakat Kota Bunga Tomohon agar tidak membuang sampah sembarangan. Ini merupakan salah satu cara untuk mengantisipasi terjadinya pemanasan global atau global warming.

‘’Hendaknya ada perlakuan 5R terhadap sampah yang dihasilkan agar tidak menimbulkan pencemaran,’’ kata Eman saat membuka kegiatan Temu Koordinasi tentang Pengendalian Pencemaran dan Polusi di Kota Tomohon Selasa (12/7/2016) di Aula Kantor Kecamatan Tomohon Selatan.

Menurut Eman, tanpa disadari bahwa ternyata sampah atau limbah rumah tangga telah memberikan kontribusi terhadap terjadinya pencemaran lingkungan.  Limbah dimaksud adalah limbah domestik, limbah domestik padat, limbah domestik cair, limbah industri dan limbah pertanian.

Wali Kota Tomohon didampingi Staf Ahli, Asisten II serta Kabag SDA

Wali Kota Tomohon didampingi Staf Ahli, Asisten II serta Kabag SDA

Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti pemanasan global serta polusi lainnya, diharapkan para masyarakat agar merubah mindset agar tidak membuang sampah secara sembarangan dan sebaiknya mengelola bahkan memilah sampah sesuai dengan jenisnya.

Kepala Bagian Administrasi Sumber Daya Alam Setdakot Tomohon Dra Adelien Poluan dalam laporannya mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan tersebut bertujuan untuk mengkoordinasikan antar instansi-instansi terkait unsur pemerintah dan masyarakat dalam hal pengendalian lingkungan hidup serta upaya penanganan dan pengendalian atas pencemaran dan polusi di Kota Tomohon.

Hadir pada kegiatan tersebut Staf Ahli Walikota Tomohon Bidang Pembangunan Albert Tulus SH, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdakot Tomohon Ronni Lumowa SSos MSi, para narasumber serta undangan. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment