Malam Ini, 180 Turis Hongkong Tiba di Manado

SULUT, (manadotoday.co.id) – Sebanyak 180 turis asal Hongkong, akan tiba di Kota Manado, Selasa (12/7/2016) malam ini, lewat penerbangan langsung dari Hongkong ke Manado. Hal itu dikatakan Direktur Komersil Citilink Hans Nugroho dihadapan Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw.

“Penerbangan perdana turis dari Hongkong menggunakan pesawat Citilink langsung dari Hongkong menuju Manado ini, akan tiba di Bandara Sam Ratulangi sekitar pukul 23:20 Wita,” ujar Kandouw.

Diketahui, sebelumnya sebanyak 200 turis Tiongkok (China) telah tiba di Manado dengam penerbangan langsung dari Kota Chen-Chen.

“Kedatangan turis dari Tiongkok dan Hongkong ini merupakan perjuangan dan kerja keras dari Bapak Gubernur Sulult Olly Dondokambey untuk memajukan dunia pariwisata di daerah Bumi Nyiur Melambai,” ujar Kandouw.

Dikatakan dia, walaupun Sulut tidak masuk 10 destinasi pariwisata di Indonesia, namun dengan adanya gebrakan ini niscaya Sulut bakal melewati target 20 ribu wisatawan yang menjadi program Kementerian Pariwisata untuk daerah ini.

“Untuk dua bulan kedepan ada 20 penerbangan langsung lagi dari Hongkong menuju Manado,” tukas Kandouw.

Terkait dugaan adanya permainan tarif hotel yang sengaja dilakukan para segelintir pegusaha perhotelan di daerah ini terhadap turis dari Tiongkok, Kandouw mewarning akan menindak tegas apabila hal ini terulang kembali. “Jika terulang lagi, akan kami ambil tindakan tegas,” ujar Kandouw.

Ia menambahkan, Pemprov Sulut bersama lima daerah yakni Manado, Minut, Bitung, Minahasa dan Tomohon, akan terus berkoordinasi untuk membenahi berbagai kekurang infrastruktur pariwisata.

“Akan juga disiapkan operator-operator yang bisa berbahasa Mamdarin teemasuk aparat kemanaman (Polisi Pariwisata) yang di butuhkan sekitar seribu personil nantinya mereka akan dilatih bahasa Mandarin,” jelas Kandouw. (ton)