Kelola Pasar, Warga Desak Pemkab Mitra Bentuk Perusahaan Daerah

Reporter : | 11 Jul, 2016 - 11:05 pm WITA

RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) diminta segera membentuk Perusahaan Daerah (PD) yang secara khusus mengelolah sejumlah pasar.

Saat ini, di Mitra telah ada 4 pasar representative. Dengan begitu, peran perusahaan yang mengelola pasar sangat dibutuhkan.

Pengamat pemerintahan di Kabupaten Mitra Sem Montolalu mengatakan, perusahaan daerah tersebut penting agar pengelolaan pasar di Minahasa Tenggara bisa lebih baik dan menguntungkan daerah.

‘’Kalau perusahaan daerah yang melakukan pengelolaan maka bisa lebih professional dan memaksimalkan pendapatan,’’ katanya.

Keberadaan PD Pasar tambahnya, dapat mengurangi beban dan tugas dari Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pasar (Disperindagkop) Kabupaten Minahasa Tenggara dalam pengelolaan pasar.

Senada diungkapkan Herman L Pinontoan, warga Belang. Menurutnya, dengan keberadaan pasar-pasar di Mitra saat ini, sudah selayaknya ada perusahaan daerah yang mengelolanya.

‘’Pendapatan Asli daerah akan meningkat jika pengelolaan pasar telah diserahkan ke perusahaan,’’ tukasnya.

Sementara Kepala Disperindagkop Minahasa Tenggara Dra Marie Makalow mengakui pihaknya sedang mengkaji pembentukan PD pasar.

“Itu sudah masuk dalam perencanaan kita di waktu akan dating. Namun saat ini kita sedang fokus menyelesaikan pembangunan pasar-pasar di seluruh kecamatan,’’ tandasnya.(ten)

 

Baca Juga :

Leave a comment