Humas dan Protokol Minahasa Kunker di Istana Presiden

Reporter : | 23 Jun, 2016 - 10:00 pm WITA

Humas dan Protokol Minahasa, Istana Presiden JAKARTA, (manadotoday.co.id) – Jajaran Bagian Humas dan Protokol Setdakab Minahasa melakukan kunjungan kerja dan mendalami Ilmu Keprotokolan di Biro Protokol Kepresidenan RI, di Istana Presiden Jln Merdeka Barat, Jakarta.

Rombongan yang dipimpin Kabag Humas dan Protokol Setdakab Minahasa Agustivo Tumundo SE MSi diterima langsung Kepala Biro Protokol Sekretariat Negara Ari Setiawan SE MM yang didampingi oleh Kabag Administrasi dan Undangan Sri Endah Wartuti SE, Kabag Perjalanan Mustofa Alatas SE, Kasubag Tata Upacara Suprayitno SSos, Kasubag Penyiapan Undangan Faturrokhman SE MM dan Staf Protokol yang berdarah Minahasa dari TNI AL yaitu Jessy Kamu dan Cintya Tampanatu.

Tumundo yang didampingi Kasubag Protokol Shanti Lengkong SSTP, Kasubag Pemberitaan Pingkan Assa SSTP MAP dan Staf yaitu Citamy Sumampouw SSTP, Ryan Tendean SSTP dan Serly Sendoh, mendapat bekal ilmu keprotokolan serta sharing pengalaman yang mengesankan selama menjadi protokol Presiden Jokowi.

“Protokol adalah ilmu dan juga seni serta irama yang mampu me-manajemen kegiatan. Prinsipnya protokol harus selalu siap dalam segala keadaan dengan performance yang rapih, sopan dan baik,” ungkap Setiawan.

Ditambahkannya, yang penting di sini yaitu membuat perencanaan acara, karena protokol di sini akan menjadi sutradara.

“Awalnya sangat merepotkan, tetapi ketika kita melakukannya dengan sering akan menjadi suatu kebiasaan” ungkapnya.

Sementara Kabag Agustivo Tumundo, meminta ketegasan Karo Protokol Kepresidenan mengenai penggunaan Pin Protokol yang berlogo Lambang Negara Burung Garuda yang terlihat menyebar digunakan para Protokol Daerah untuk ditertibkan.

Sebab, Pin berlogo Garuda hanya bisa digunakan oleh Protokol Pusat, sementara Protokol Daerah harus menggunakan Pin yang berlogo daerah.

Kegiatan tersebut diakhiri pemberian Cinderamata dan peninjauan sekitar Istana Presiden. (rom)

Baca Juga :

Leave a comment