Kota Bitung Kans Besar Raih Adipura ke-10

Reporter : | 22 Jun, 2016 - 10:33 am WITA

Adipura , Adipura bitung, Maximiliaan Jonas Lomban,

Walikota Bitung Maximilian Jonas Lomban saat mempresentasikan program Adipura 2016 Kota Bitung dihadapan jajaran KLH

BITUNG, (manadotoday.co.id) – Tahun 2016 ini, Kota Bitung memiliki peluang besar meraih penghargaan Adipura ke 10 kali secara berturut-turut. Alasannya, selain kesiapan Pemkot Bitung, dinilai telah memenuhi persyaratan penilaian Adipura dan semakin tingginya kesadaran masyarakat menjaga kebersihan lingkungan, hal ini juga diperkuat dengan presentasi Walikota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban, perihal Program Adipura 2016 Kota Bitung dihadapan dewan pertimbangan Adipura ahli persampahan dan pemasaran Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), di The Sultan Hotel Jakarta, belum lama ini.

“Presentasi dihdapan jajaran KLH, dikarenakan Kota Bitung telah 10 kali meraih penghargaan Adipura dimana 9 kali diraih secara berturut-turut dari tahun 2007-2015,” terang Kabag Humas Pemkot Bitung Erwin Kontu.

Dalam presentasi itu menurut Kontu, Walikota memaparkan Visi Misi Kota Bitung serta kebijakannya dan implementasi pembangunan ekonomi, social dan lIngkungan hidup serta perencanaan regulasi Kawasan Ekonomi Khusus.

“Dalam kaitan dengan pembangunan lingkungan hidup walikota menjelaskan bahwa kota bitung terus berupaya pengendalian pencemaran dan pengrusakan lingkungan hidup serta selalu memperhatikan perlindungan dan konservasi Sumber Daya Alam (SDA) juga rehabilitasi dan pemulihan cadangan SDA,” terang Kontu.

Selain itu Walikota juga membeberkan peran Kota Bitung, terhadap pengendalian polusi dan penerapan Low Carbon Model Town (LCMT)serta Ruang terbuka Hijau (RTH) dan juga terus mengembangkan kinerja pengelolaan sampah yang pada prinsipnya adalah untuk menjaga keseimbangan ekosistem di wilayah kota.

“Disamping itu peran masyarakat dan dunia usaha untuk terlibat dalam penanganan lingkungan melalui gerakan menjaga, membudayakan dan melestarikan lingkungan lewat kiat menanam, memlihara, menata, memperindah, membersihkan, merapihkan dan mereduksi mengelola seperti limbah padat, cair dan instalasi lumpur tinja juga dipresentasikan pak Walikota dihdapan jajaran KLH, tukas Kontu.

“Presentasi ini juga sangat diharapkan jadi nilai tambah untuk Dewan KLH, sehingga pengahargaan Adipura 2016 dapat diraih lagi,” pungkasnya.(lou)

Baca Juga :

Leave a comment