Cuaca Buruk, BPBD Mitra Keluarkan Peringatan Dini Waspada Bencana

RATAHAN, (manadotoday.co.id)- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) mengeluarkan peringatan dini waspada bencana.

Diungkapkan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Erick Manaroinsong pihak telah mendapatkan peringatan dari Badan Meteoroli Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait cuaca buruk dalam beberapa hari ke depan.

“Kita sudah beri peringatan dini ke seluruh kecamatan, karena pemberitahuan dari BMKG kondisi cuaca saat ini masuk kategori ekstrim,” katanya, Selasa (21/6/2016).

Dikatakan Manaroinsong, peringatan cuaca ekstrim ini yakni cuaca sedang sampai lebat, angin kencang disertai petir di seluruh wilayah Kabupaten Minahasa Tenggara.

‘’Warga yang berada di kawasan lereng gunung waspadai ancaman longsor, kalau bisa pindah ke tempat yang lebih aman,” katanya.

Nelayan juga dimintakan untuk tidak melaut untuk mewaspadai angin kencang dan gelombang tinggi.

Manaroinsong menambahkan, pemerintah kecamatan dan desa mensosialisasikan kepada masyarakat untuk mewaspadai cuaca ekstrim tersebut.

“Kita harapkan juga pemerintah kecamatan dan desa bisa mensosialisasikan peringatan dini, dan langsung berkoordinasi dengan BPBD jika terjadi bencana,” tandasnya. (ten)