Astaga… Bupati CEP Tak Tahu Soal Dukungan Pemkab Minsel ke Sekorlap Provinsi Sulut PT SAA

Reporter : | 21 Jun, 2016 - 9:49 am WITA

Kantor PT SAA di Jalan raya tombatu Uwuran Satu Kecamatan Amurang

Kantor PT SAA di Jalan raya tombatu Uwuran Satu Kecamatan Amurang

AMURANG, (manadotoday.co.id) – Fakta lain terkait beroperasinya Sekertariat Kordinator Lapangan (Sekorlap) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) PT SAA, yang diduga telah melakukan tindak penipuan terhadap ratusan Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), salah satunya yakni soal surat dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel), terus terungkap.

Bupati Christiany Eugenia Paruntu (CEP) ketika dimintai tanggapan soal surat dukungan Pemkab Minsel kepada Sekorlap Provinsi Sulut PT SAA, yang ditandatangani Sekertaris Daerah Kabupaten Minsel Danny Rindengan, mengaku tidak mengetahui soal surat dukungan tersebut.

“Tidak ada surat rekomendasi dari Pemkab untuk PT SAA. Yang ada surat izin beroperasi untuk investasi. Sebab kita juga sangat terbuka untuk dunia usaha, namun harus sesuai dengan aturan yang berlaku,” kata Paruntu, menanggapi pertanyaan sejumlah wartawan soal dugaan penipuan PT SAA, usai Paripurna Istimewa PAW di kantor DPRD Minsel, Senin tadi malam.

Ketika diinformasikan bahwa pemerintah desa, memiliki andil besar dalam mensosialisasikan program PT SAA, kepada masyarakat, sebagai tindaklanjut adanya surat dukungan dari Pemkab Minsel yang diberikan kepada pemerintah Kecamatan yang diteruskan kepada pemerintah desa, sehingga membuat warga percaya dan langsung menyerahkan uang muka sebesar Rp 3.500.000 ditambah pendaftaran Rp 250.000, Bupati menyatakan akan mengecek kebenaran surat tersebut.

“Nanti saya cek lagi, perihal surat dukungan itu,” katanya, sembari menghimbau masyarakat akan teliti dan tidak langsung percaya dengan program abal-abal, sebelum mengetahui dengan jelas kebenaran program tersebut.

“Saya juga berharap aparat kepolisian dapat menindaklanjuti kasus dugaan penipuan ini,” tukasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas PU Minsel Joutje Tuerah, ketika dimintai tanggapan soal keluhan warga perihal dugaan penipuan Sekorlap Provinsi Sulut PT SAA, menduga bahwa proyek tersebut fiktif.

“Harusnya, PT SAA terlebih dahulu menyiapkan bangunan baru kemudian meminta uang muka kepada user, yang diikuti dengan pengurusan surat-surat. Namun untuk PT SAA kan aneh, malah sebaliknya,” katanya.

“Dan pada tahun lalu, tidak ada bantuan atau proyek rumah minimalis dari Kementerian Perumahan Rakyat untuk Kabupaten Minsel,” tandasnya.

Berikut Isi Surat Pemberian Dukungan Pemkab Minsel kepada PT SAA, dengan nomor : 894/Sekr/VI-2015 Bg. Pemerintahan: Perihal: Pemberian Dukungan. Kepada Yth. P.T.Sejahtera Alam Anugerah. Di Tempat. Berdasarkan surat saudara nomor 10/SDB/SA.A.SDB/IV/2015, tertanggal 27 April 2015, perihal : Permohonan Dukungan yang sifatnya membantu masyarakat yang belum memiliki tempat tinggal di wilayah Kabupaten Minahasa Selatan Provinsi Sulawesi Utara yaitu Pembangunan Perumahan untuk Buruh, Tani, Nelayan, PNS, TNI dan Polri, maka pada prinsipnya kami memberikan dukungan sepenuhnya untuk pembangunan dimaksud, dengan memperhatikan ketentuan dan perundangan yang berlaku. Demikian diucapkan terima kasih. a.n. Bupati Minahasa Selatan Sekertaris Daerah Drs Danny Rindengan M.Si, Pembina Utama Madya/IV D NIP 19581023 198103 1 012, (sudah bertanda), dengan tembusan Yth Bupati Minahasa Selatan di Amurang (sebagai laporan). (lou)

Baca Juga :

Leave a comment