Wali Kota Tomohon Dialog dengan Perangkat Kelurahan dan Kecamatan

Peserta Dialog dengan Wali Kota Tomohon
Peserta Dialog dengan Wali Kota Tomohon

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak Senin (20/6/2016) menggelar dialog dengan perangkat kelurahan dan kecamatan se-Kota Tomohon bertempat di Aula Rumah Dinas (Rudis). kegiatan dilakukan untuk memberikan pemahaman pemerintahan demi peningkatan kinerja.

Saat memberikan arahan, Eman mengatakan dialog ini hendak mengingatkan penyelenggara pemerintahan di daerah, bahwa dalam UU no 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah mengamanatkan pembinaan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah demi tercapainya tujuan penyelenggaraan otonomi yaitu menjadi daerah otonomi yang maju dan mandiri.

‘’Peran pemerintah kecamatan dan kelurahan sangat penting, bahkan memiliki kedudukan strategis antara lain, sebagai organisasi pemerintahan yang menjalankan fungsi lini kewilayahan, sebagai mata rantai terdepan dalam pelayanan publik dan sebagai tumpuan partisipasi bahkan swadaya masyarakat dalam mencapai pembangunan dan tujuan dari penyelenggaraan otonomi,’’ kata wali kota.

Wali kota juga mengingatkan ada beberapa hal pokok yang perlu ditingkatkan untuk dilaksanakan yaitu dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat maka penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) harus dipertahankan dan ditingkatkan dan wajib dilaporkan kepada pimpinan secara berjenjang dan diukur  atau survey kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan kecamatan.

Kelengkapan data-data kecamatan harus terus diupdate agar lebih akurat, ada tidaknya Standar Operasional Prosedural (SOP).

Sesuai Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD),  data SOP kecamatan se-Kota Tomohon baru 2 yaitu kecamatan Tomohon Utara (9 SOP) dan Kecamatan Tomohon Selatan (6 SOP).

‘’SOP ini telah didelegasikan kepada camat melalui Peraturan Walikota, jadi bagi kecamatan yang belum agar segera membuat SOP dan pemerintah kecamatan harus terus memberikan pembinaan terhadap pemerintah kelurahan khususnya dalam pelaksanaan administrasi kelurahan yang sesuai dengan ketentuan,’’ kata Eman.

Wali Kota Tomohon saat berdialog dengan perangkat kecamatan dan kelurahan
Wali Kota Tomohon saat berdialog dengan perangkat kecamatan dan kelurahan

Sebagai pemimpin di masing-masing lini kewilayahan lanjut wali kota, diharapkan memiliki 9 Point Karakter seorang pemimpin di pemerintahan.

Yaitu memiliki daya inovasi yang tinggi, loyal terhadap atasan, konsisten antara ucapan dengan perbuatan, bertanggung jawab, melindungi bahkan mengembangkan bawahan, taat undang-undang, nasionalis, berani mengeksekusi atau mengambil keputusan dan menanggung risiko dan Esprit de Corps atau semangat solidaritas sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) agar dapat meningkatkan profesionalitas sebagai abdi negara dan abdi masyarakat dalam menunjukan pelayanan prima dengan semangat kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas.

Dalam laporannya Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Setda Kota Tomohon Jusak ST Pandeirot SPd MM  mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman perangkat pemerintah kecamatan dan kelurahan dalam pelaksanaan tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan sebagai upaya peningkatan kinerja pelayanan kepada masyarakat Kota Tomohon.

Acara ini dihadiri juga oleh Wakil Wali vKota Syerly Adelyn Sompotan, Dandim 1302 Minahasa Letkol CZI Mohammad Andhy Kusuma SSos, Kapolres Tomohon diwakili oleh Wakapolres Kompol Alkat Karouw SSos, Asisten Pemerintahan Dan Kesra Dra Truusje Kaunang, para Camat, Lurah, Perangkat Kelurahan se-Kota Tomohon. (ark)