Pemkot Tomohon-BNPB Gelar Simulas Bencana Letusan Gunung Lokon

Reporter : | 15 Jun, 2016 - 10:30 pm WITA

Simulasi Lokon 2TOMOHON, (manadotoday.co.id)–Pemerintah Kota Tomohon bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggelar kegiatan Simulasi Bencana letusan Gunung Lokon di Aula Happy Lyste Kakaskasen I Tomohon Utara Rabu (15/6/2016).

Tim Perancang Latihan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Pusat (BNPB) Ruswanto dalam laporannya mengatakan, tujuan kegiatan ini sebagai sarana memelihara dan meningkatkan kerja sama yang baik antara SPKD/OPD khususnya dalam menghadapi bencana alam.

‘’Kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas nasional dalam konteks penanggulangan bencana dan untuk mengkaji dan menyempurnakan sistem peringatan dini dan sistem komando tanggap darurat,’’ ujar Ruswanto.

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak diwakili Wakil Wali Kota Syerly Adelyn Sompotan saat membuka kegiatan mengatakan, pada prinsipnya negara dan pemerintah bertanggung jawab melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah, dengan memberikan perlindungan terhadap masyarakat dari bencana serta memberikan rasa aman, damai dan sejahtera.

‘’Namun demikian, bukanlah serta merta menjadi tanggung jawab tunggal negara dan pemerintah saja, melainkan juga, menjadi tanggung jawab dan kewajiban kolektif masyarakat dan dunia usaha. Karena perlu diingat dan disadari akhir-akhir ini, kita diperhadapkan dengan fenomena bencana yang dari sisi intensitas, kualitas, cakupan serta kompleksitasnya makin meningkat,’’ kata Sompotan.

simulasi lokonGunung Lokon sejak meletus tahun 2011 hingga saat ini berstatus Siaga atau Level III. Untuk itu, masyarakat Kota Tomohon terutama yang bermukim di Tomohon Utara agar selalu waspada serta tanggap dalam hal penanggulangan bencana.

‘’Melalui filosofi Living Harmony With Risk atau hidup serasi dan selaras dengan risiko bencana tak henti-hentinya kami pemerintah mendengung-dengungkan, karena prinsip demikian pada hakikatnya adalah mengutamakan penanganan pencegahan dan kesiasiagaan, penanganan kedaruratan dan penanganan pasca bencana yang merupakan suatu kesatuan yang utuh,’’ tukas Sompotan

Kegiatan ini dihadiri Staf Operasi Mabes TNI Mayor Czi Ufau Widullah, mewakili Kodim 1302 Minahasa Perwira Penghubung Mayor Inf Masgen Abas, mewakili Polres Tomohon Kasubag Bin Ops AKP Elias Amik serta jajaran SKPD terkait. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment