Bupati James Sumendap Naikkan Upah Petugas Kebersihan dan Diberikan Jaminan BPJS

Reporter : | 06 Jun, 2016 - 9:58 pm WITA

 James Sumendap, Petugas Kebersihan, pengangkut sampah, Upah Petugas Kebersihan

Bupati saat berdialog dengan petugas kebersihan

RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Kesejahteraan para petugas kebersihan di Minahasa Tenggara mendapat perhatian khusus dari Bupati James Sumendap dengan menaikkan upah para petugas kebersihan dan pengangkut sampah.

Bagi petugas pertamanan dan kebersihan naik dari sebelumnya Rp1.800.000 menjadi Rp2.200.000. Sedangkan bagi pengangkut sampah dari Rp3.000.000 menjadi Rp3.250.000.

“Upah mereka harus dinaikkan, karena peran mereka yang sangat penting maka kesejahteraan mereka juga harus diperhatikan,” kata Bupati saat meresmikan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Wawali , Senin (6/6/2016).

Tak hanya menaikkan upah, keluarga para petugas kebersihan juga diberikan jaminan BPJS yang ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab).

BACA JUGA:

Selain User , Sekorlap Prov Sulut PT SAA, Juga Diduga Tipu Subkontraktor

Sebanyak 31 Persen Warga Minahasa Belum Punya Sanitasi Layak

Dari 135 Desa, Baru 84 Terima Dandes di Minahasa Tenggara

SBAN Liow, Salah Satu Pengusul Keppres 1 Juni Sebagai Hari Lahir Pancasila

Peringati Hari lingkungan Hidup se-Dunia, Sekda Mitra: Masyarakat Diminta Jaga Dan Lestarikan Lingkungan

Mantan Wabup Minahasa, Rull Kuron: Minahasa Butuh Pemimpin yang Sudah Berbuat

“Semua anggota keluarga istri dan anak wajib diikut sertakan dalam BPJS. Selain itu petugas kebersihan juga wajib untuk diperiksakan kesehatan mereka setiap minggu, agar tidak membawa penyakit di keluarga,” ujar Sumendap.

Sementara itu, Sumendap mengharapkan dengan dimulainya pengoperasian TPA tersebut dapat mengatasi masalah sampah di sebagian Kabupaten Minahasa Tenggara.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (BLH-KP) Minahasa Tenggara Drs Robby Ngongoloy mengungkapkan TPA Wawali merupakan tipe sanitary landfill.

“TPA seperti ini merupakan salah satu yang modern di Sulut, dan bisa menampung sebagian besar produksi sampah yang ada di Minahasa Tenggara. Ke depan kita akan menambahkan lagi sejumlah fasilitas di TPA agar lebih memadai,” ujarnya.

Hadir dalam pengoperasian perdana TPA tersebut wabub Ronald Kandoli para kepala SKPD, beserta sejumlah kepala bagian lainnya. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment