Peringati Hari lingkungan Hidup se-Dunia, Sekda Mitra: Masyarakat Diminta Jaga Dan Lestarikan Lingkungan

Hari lingkungan Hidup, Sekda Mitra, Ir Farry Liwe, Minahasa Tenggara
Sekda memberikan penghargaan bagi Duta Sanitasi Sulut 2016 atas nama Orlin Manalu

RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) menggelar upacara peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati dengan yang menjadi pembina upacara Sekretaris Daerah Ir Farry Liwe, senin (6/6/2016).

Dengan mengambil tema ‘Selamatkan tumbuhan dan satwa untuk kehidupan’ Liwe saat saat membacakan sambutan Menteri lingkungan Hidup dan kehutanan mengatakan tentang pentingnya keterlibatan semua pihak dalam pelestarian lingkungan.

Lebih lanjut diungkapkan Liwe, pentingnya pelestarian lingkungan saat ini dikarenakan mulai adanya spesies tumbuhan maupun satwa yang ada di Indonesia mengalami kepunahan.

“Apalagi ada sejumlah spesies yang punah atau dalam tahap kritis sehingga peran semua pihak untuk melakukan pelestarian sangat penting,” ujarnya.

BACA JUGA:

Selain User , Sekorlap Prov Sulut PT SAA, Juga Diduga Tipu Subkontraktor

Bupati Ucapkan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa bagi Umat Muslim di Minahasa

Dari 135 Desa, Baru 84 Terima Dandes di Minahasa Tenggara

SBAN Liow, Salah Satu Pengusul Keppres 1 Juni Sebagai Hari Lahir Pancasila

Pilkada Minahasa 2018, Paket JWS-JRK vs IVANSA-CNR Ramai Diperbincangkan

Mantan Wabup Minahasa, Rull Kuron: Minahasa Butuh Pemimpin yang Sudah Berbuat

Selain itu masyarakat diminta untuk terlibat dalam pencegahan perdagangan tumbuhan maupun satwa-satwa yang dilindungi.

“Karena perdagangan tumbuhan dan satwa yang dilindungi masuk dalam ketegori kejahatan luar biasa jadi perlu kerjasama dari masyarakat,” kata Sekda.

Menurut Liwe, pihak Pemkab Minahasa Tenggara terlibat aktif dalam mengkampanyekan pelestarian dan perlindungan terhadap lingkungan.

“Karena prioritas pembangunan dari pemerintah kabupaten juga memasukkan program pelestarian lingkungan,” tandasnya.

Selain menggelar upacara, pada kesempatan tersebut juga, Sekda memberikan penghargaan bagi Duta Sanitasi Sulut 2016 atas nama Orlin Manalu dari SMP 1 Ratahan yang akan diutus ke tingkat nasional dengan guru pendamping Marlon Waani.

Juga diserahkan penghargaan adiwiyata bagi 6 sekolah, penyerahan penghargaan ecco office tingkat SKPD, serta penyerahan trophy serta uang pembinaan bagi juara volly antar kecamatan. (ten)