Wagub Sulut Canangkan Gerakan Prima Tunjang ODSK

Reporter : | 03 Jun, 2016 - 9:49 pm WITA

Wagub Sulut, Steven Kandouw, menyerahkan bantuan bibit kelapa kepada petani di acara pencanangan Gerakan Prima untuk ODSK

Wagub Sulut, Steven Kandouw, menyerahkan bantuan bibit kelapa kepada petani di acara pencanangan Gerakan Prima untuk ODSK

SULUT, (manadotoday.co.id) – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw, mencanangkan Gerakan Prima (Perkebunan Idola Menuju Sulut Hehat) untuk menunjang program Pemprov Sulut yakni Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK). Pencanangan program dari Dinas Perkebunan Sulut ini, dipusatkan di Desa Parentek, Kecamatan Lembean Timur Kabupaten Minahasa, Jumat (3/6/2016).

Dalam sambutannya Kandouw mengatakan, pencanangan Gerakan Prima Perkebunan Idola Menuju Sulut Hehat ini, akan membangkitkan gairah masyarakat Sulut untuk menanam. “Saya optimis gerakan prima ini akan merubah perekonomian masyarakat Sulawesi Utara lebih khusus masyarakat Kabupaten Minahasa di sektor perkebunan,” ungkap Kandouw.

Kata dia, alasan dilaksanakannya kegiatan ini di Kabupaten Minahasa, karena Tanah Toar-Lumimuut ini merupakan sentra produksi cengkih.

“Tapi produksi cengkih mengalami penurunan. Dan Sulut sendiri dalam dua dekade hanya mendapat posisi ke lima dalam produksi cengkih di Indonesia. Dari aspek kwalitas dan aspek kwantitas cengkih Sulut lebih khusus cengkih Minahasa merupakan cengkih yang unggul di Indonesia,” jelas Kandouw. Dia berharap, lewat gerakan ini bisa lebih menggairahkan pola hidup dan pola tanam sebagai penunjang ekonomi keluarga sehingga pada akhirnya tujuan akhir dan sasaran Program Gubernur dan Wagub yakni ODSK bisa tercapai.

“Yang pasti angka kemiskinan di Sulut bisa jauh tertekan dan rakyat Sulut bisa lebih sejahtera,” pungkasnya. Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sulut, Ricky Toemandoek, menjelaskan Program Gerakan Prima ODSK adalah wujud kepedulian Pemprov Sulut terhadap petani.

“Terkait dengan target lima juta bibit pohon cengkih, Dinas Perkebunan telah mempersiapkan bibit tersebut melalui posko-posko penyemaian bibit,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Wagub Kandouw didampingi Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow, Wakil Ketua DPRD Sulut Wenny Lumentut, Kadis Perkebunan Sulut Ricky Toemandoek, menyerahkan bantuan kepada kelompok tani berupa bantuan bibit cengkih, bibit kelapa, bibit pala, kepada petani.

Turut hadir dalam pencanangan tersebut, Kepala Perwakilan BI Sulut, Sekda Minahasa Jefry Korengkeng, sejumlah pejabat di Lingkup Pemprov Sulut dan pejabat di Pemkab Minahasa. (ton)

 

Baca Juga :

Leave a comment