Setelah 20 Tahun Pembuatan, Terowongan Kereta Api Terpanjang di Dunia Resmi Dibuka

Reporter : | 01 Jun, 2016 - 8:30 pm WITA

Terowongan kereta api Gotthard, Terowongan Gotthard, swiss

Terowongan kereta api Gotthard (foto; EPA)

MANADOTODAY.CO.ID – Setelah hampir 20 tahun dibuat, terowongan kereta api terpanjang dan terdalam di dunia resmi dibuka di Swiss.

Terowongan kereta api Gotthard yang berada di dalam Pegunungan Alpen Swiss, memiliki panjang 57km (35 mil), dan memberikan akses kereta berkecepatan tinggi dari utara hingga ke Eropa selatan.

Swiss mengatakan terowongan akan merevolusi transportasi angkutan Eropa.

Pengangkutan barang saat ini dilakukan oleh satu juta truk setiap tahun, dan sekarang kereta api hadir sebagai gantinya.

BACA JUGA:

Wow, Sambut Asus Zenfone 3 Deluxe Dengan Kamera 23 MP dan RAM 6 GB!!!

Terungkap: Ini Arti Huruf ‘i’ Pada Setiap Produk Apple Seperti iPhone dan iMac

Cara Lihat Foto dan Status Lama Facebook, Termasuk yang Sudah Dihapus

Ada Penyakit Langka yang Buat Pengidapnya Merasa Menjadi ‘Mayat Hidup’

Lakukan Lima Hal Ini Sebelum Jam 9 Pagi dan Anda Akan Lebih Sehat

Solarin, Smartphone Paling Aman di Dunia Dengan Harga WoW, Rp 219 Juta

Terowongan ini mengalahkan rekor sebelumnya yang dimiliki oleh Terowongan Seikan yang memiliki panjang 53.9km di Jepang, dan mendorong Terowongan Eurotunnel sepanjang 50.5km yang menghubungkan Inggris dan Perancis ke tempat ketiga.

Presiden Swiss Federal, Johann Schneider-Ammann. dalam dalam pidatonya di Erstfeld, pintu utara terowongan, mengatakan, “langkah besar untuk Swiss tetapi tapi juga sama besarnya bagi tetangga kita dan sisanya benua”.

Di ujung selatan terowongan, di Bodio, juga berlangsung pidato yang sama yang dibawakan oleh menteri transportasi Federal Swiss, Doris Leuthard.

Setelah itu, dua kereta berangkat di arah berlawanan melalui terowongan, masing-masing membawa ratusan tamu yang telah memenangkan tiket, dan rute baru secara resmi terbuka.

Baca Juga :

Leave a comment