Isu Gubernur Sulut akan Jadi Menteri Tuai Pro dan Kontra

Reporter : | 27 Mei, 2016 - 3:33 pm WITA

Gubernur Sulawesi Utara,Olly Dondokambey, olly jadi Menteri ,

Gubernur Sulut, Olly Dondokambey

SULUT, (manadotoday.co.id) – Terkait isu Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey akan jadi Menteri, menuai pro dan kontra dari masyarakat di Daerah Bumi Nyiur Melambai. Pengamat pengamat politik dan pemerintahan di Sulut, Taufik Tumbelaka, mengatakan, jika Dondokambey masuk dalam jajaran kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Jusuf Kalla, akan menjadi penghormatan untuk warga Sulut.

“Dengan masuknya dalam kabinet Jokowi dan JK, Olly (Dondokambey) diberi kepercayaan untuk membantu Presiden Indonesia dan Wakil Presiden untuk membangun indonesia. Nah.. khusus untuk membangun Sulawesi Utara kedepan, akan lebih baik. Ini akan menjadi keuntungan sendiri karena dengan masuk kabinet akan terjadi hubungan emosional yang bagus dengan para anggota kabinet lainnya,” ungkap Tumbelaka.

Kata dia, masuknya Dondokambey dalam kabinet kerja, akan melobi untuk membantu sulawesi utara lebih gampang lagi, walaupun sekarang relatif sudah cukup mudah pamor poltiknya.

BACA JUGA:

Belum Lunas PBB- P2, TPP ASN dan Tenaga Kontrak Tomohon Ditahan

Siswa SMU Negeri 1 Langowan Dilarang Bawa Kendaraan ke Sekolah

“Penyakit Lama” PLN Kambuh Lagi, Warga Soroti Kinerja GM PLN Sulut Baringin Nababan

Gubernur Sulut Gunakan Mobnas Kijang Inova

Cegah Bahaya Narkoba, Bakohumas Bitung Gelar Sosialisasi

Warga Keluhkan Pelayanan BPJS Minahasa Selatan

“Namun ada satu sisi ada masalah, ketika misalnya nanti masuknya dalam jajaran kabinet bagaimana seorang Dondokambey menjelaskan kepada masyarakat. Karena dalam politik ada fisiologi politik masyarakat yang agak sulit diatasi itu perlu strategi mengatasi itu,” ujar Tumbelaka.

Sementara itu, Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap, beberapa waktu lalu, secara terbuka menolak ketidaksetujuan Dondokambey masuk direncana perombakan susunan (reshuffle) kabinet Jokowi-JK. Menurut Sumendap, keberadaan Olly Dondokambey sebagai sosok pemimpin berdarah dingin sulit tergantikan.

“Saya salah seorang yang tidak setuju pak Olly Jadi Menteri. Bukannya tidak pantas, pak Olly sangat pantas dan sangat layak jadi Menteri, tapi bila pak Olly ke pusat saya sanksi Sulut akan menjadi provinsi hebat,” kata Sumendap.

“Bila pak gubernur Olly Dondokambey jadi Menteri, saya tidak yakin penggantinya akan sama dengan pak Olly,” ungkapnya. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment