Aquasonic, Grup Band Bawah Air Pertama di Dunia

Reporter : | 24 Mei, 2016 - 12:42 am WITA

Aquasonic, Grup Band Bawah Air Pertama di Dunia

(foto: Youtube)

MANADOTODAY.CO.ID – Grup band bawah air pertama di dunia, Aquasonic, siap melakukan konser bawah air pertama mereka di Rotterdam pada 27 Mei. Grup band asal Denmark tersebut akan memainkan instrumen tertentu dan bahkan bernyanyi di dalam tangki air, dengan menggunakan teknik khusus yang mereka dikembangkan selama lebih dari 10 tahun bereksperimen.

Kisah grup musik yang unik ini dimulai ketika vokalis dan komposer Laila Skovmand memutuskan untuk mencari cara bernyanyi di bawah air. Percobaan pertama dia bernyanyi sambil menenggelamkan mulutnya dalam mangkuk yag diisi dengan air. Sementara ia mampu bersuara, ia juga menghasilkan banyak gelembung. Tapi dia bertekad untuk menemukan cara untuk menyanyi bawah air, jadi dia terus mencoba hal-hal baru.

Setelah banyak percobaan yang gagal, Laila akhirnya datang dengan teknik yang melibatkan menahan gelembung udara di mulutnya dan bernyanyi dengan itu saat dia di dalam air. Dia harus naik ke permukaan sekali setiap menit untuk menghirup udara segar dan mulai dengan gelembung baru.

“Ada juga teknik di mana saya beralih antara bernyanyi saat melapaskan dan menghirup napas,” kata dia. “Tapi itu sulit dikontrol.”

BACA JUGA:

Tinta Tato Khusus yang Buat Tato Permanen Jadi Temporer

Tak Terima Hadiah Dikembalikan, Fans Tikam Bintang Pop Asal Jepang Berkali-kali

Sibuk Dengan Smartphone Saat Malam Pertama, Suami Langsung Ceraikan Istri Barunya

Bosan Pacaran Satu Tahun? Pasangan Ini Pacaran 44 Tahun Baru Akhirnya Menikah

Alasan Mengapa Rajin ke Gereja Dapat Membuat Anda Panjang Umur

Cara Mudah Matikan Fitur “On This Day” Facebook

Karena udara dalam gelembung sedikit, penyanyi bawah air hanya bisa menghasilkan nada singkat, cenderung yang tinggi, karena nada rendah terdengar seperti suara hidung.

Didorong oleh keberhasilannya, Laila beralih fokus untuk menggunakan alat musik bawah air. Dimulai dengan biola yang rusak setelah beberapa kali digunakan di bawah air, dia menemukan bahwa hanya bersenar yang akan berfungsi di bawah air.

Aquasonic, Grup Band Bawah Air Pertama di Dunia

(foto: Youtube)

Sadar perlu untuk menciptakan instrumen baru jika ingin mendirikan band bawah air sendiri. Laila membawa Andy Cavatorta, yang menciptakan instrumen unik agar bisa dipakai di bawah air. Ia harus memecahkan beberapa masalah – air meredam suara karena kepadatannya, suara empat kali lebih cepat ketika di bawah air, kurangnya gesekan, dan gelombang di dalam tangki bisa mengubah suara instrumen.

Tapi ia akhirnya mengembangkan dua instrumen baru – ‘rotacorda’ dan ‘crystallophone’. Pertama memiliki enam senar dan dapat dipetik seperti gitar, sedangkan yang kedua terdiri dari mangkuk yang dimainkan dengan jari.

Dan instrumen ketiga – sebuah hydraulophone – yang terdiri dari gong dan simbal yang dimodifikasi.

Selama konser, lima pemain akan menggunakan headphone waterproof dalam telingan untuk membantu mereka melakukan sinkronisasi dalam akuarium yang berisi 1,600 liter air.

Baca Juga :

Leave a comment