Tinta Tato Khusus yang Buat Tato Permanen Jadi Temporer

Reporter : | 23 Mei, 2016 - 9:00 pm WITA

Tato Permanen , tato Temporer, tinta Ephemeral , tinta tato

Tim yang berhasil temukan tinta Ephemeral (foto: Tandon School of Engineering)

MANADOTODAY.CO.ID – Tato temporer telah ada untuk waktu yang lama dan menjadi pilihan bagi mereka yang tidak ingin yang permanen, tapi setiap pecinta tato akan setuju jika itu tidak dapat dibandingkan dengan yang asli (permanen). Namun, ada kalanya tato tidak berakhir seperti yang Anda inginkan, atau bahkan bosan dengan tato yang Anda miliki. Dalam kasus tersebut, untuk menghapus tato melibatkan perawatan laser yang mahal dan menyakitkan. Namun tenang, dalam waktu dekat akan ada solusinya, karena sekelompok mahasiswa teknik telah mengembangkan tinta yang membuat Anda mendapatkan tato permanen yang temporer.

Tinta khusus ini memiliki keuntungan besar dibandingkan tinta tato biasa – dapat dihapus dari kulit melalui proses luar biasa yang sederhana dan murah. Anda hanya mengunjungi seniman tato untuk menghapusnya dengan alat penghapus tato.

Produk yang bernama ‘Ephemeral’ itu dibuat oleh mahasiswa teknik Kimia dan Biomolekuler dan memenangkan kontes Entrepreneurs Challenge yang digelar oleh NYU Stern’s Berkley Center for Entrepreneurship and Innovation. Tim memenangkan hadiah utama sebesar $ 75.000 untuk penemuan unik mereka.

“Ephemeral lahir melalui pengalaman pribadi saya,” kata Seung Shin, salah satu anggota tim. dikutip dari Techcrunch.com “Sejak saya masih muda, saya selalu ingin memiliki tato tapi orang tua saya sangat menentangnya, karena itu permanen.”

BACA JUGA:

Punya Makna Lain, Banyak Orang Jepang Jarang Mengatakan ‘Sayonara’

Tak Terima Hadiah Dikembalikan, Fans Tikam Bintang Pop Asal Jepang Berkali-kali

Sibuk Dengan Smartphone Saat Malam Pertama, Suami Langsung Ceraikan Istri Barunya

Bosan Pacaran Satu Tahun? Pasangan Ini Pacaran 44 Tahun Baru Akhirnya Menikah

Alasan Mengapa Rajin ke Gereja Dapat Membuat Anda Panjang Umur

Cara Mudah Matikan Fitur “On This Day” Facebook

Shin kemudian memutuskan untuk memiliki tato, tetapi akhirnya dua harus menghapusnya. “Ini adalah pengalaman terburuk dalam hidup saya,” katanya. “Itu sangat menyakitkan, tidak efektif, dan mahal.”

Tato Permanen , tato Temporer, tinta Ephemeral , tinta tato

(foto: Pixabay)

Berdasarkan pengalamannya, dia berpikir tentang metode sederhana dari penghapusan tato, dan akhirnya membawa ide ke kompetisi. Caranya adalah untuk mengurangi ukuran molekul tinta, sehingga lebih mudah untuk menghapusnya.

“Tato tinta saat ini permanen karena fakta bahwa molekul tinta terlalu besar untuk dihilangkan sistem kekebalan,” jelas Anthony Lam, anggota tim lain. “Dengan menggunakan molekul yang lebih kecil, kami mengemas tinta dalam struktur berbentuk bulat yang cukup besar agar tidak dapat dihilangkan sistem kekebalan tubuh manusia. Tetapi ketika Anda ingin menghapusnya, pada dasarnya menggerogoti salah satu komponen dan molekul tinta akan hilang.”

Ephemeral saat ini sedang dalam tahap uji coba – pertama pada sel, kemudian pada babi – dan Shin mengatakan bahwa mereka berharap untuk merilis produk pada musim gugur tahun depan.

Baca Juga :

Leave a comment