Potensi Wisata di Minsel Butuh Perhatian Serius Pemerintah

Reporter : | 20 Mei, 2016 - 11:12 am WITA

Minsel , PAD,  Steven Tuwondila , Rendis Langkai,Wisata Minahasa selatan

Sampah di pantai Moinit

AMURANG, (manadotoday.co.id) – Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) memiliki banyak potensi Pariwisata yang dapat dikembangkan dan dikelolah secara profesional. Namun sayangnya, sektor yang dapat menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), hingga kini belum sepenuhnya mendapatkan perhatian Pemerintah Kabupaten Minsel.

Minsel , PAD,  Steven Tuwondila , Rendis Langkai,Wisata Minahasa selatan

Air terjun di Desa Toyopon (foto ist)

Sebut saja salah satu objek wisata di Moinit yang terletak di Desa Tawaang. Objek wisata andalan Minsel yang banyak dikunjungi warga setiap hari libur ini, tidak dilengkapi dengan fasilitas memadai dan tidak dikelolah dengan profesional, sehingga sampah berserakan dimana-mana, membuat warga yang berkunjung tidak nyaman.

Selain itu, infrastruktur jalan menuju kawasan wisata ini juga memprihatinkan karena belum sekalipun tersentuh aspal. Akibatnya jika hujan jalan akan becek dan pengunjung akan kesulitan mencapai loksi wisata ini.

Selain pantai Moinit, kawasan wisata yang perlu mendapatkan sentuhan pemerintah yakni air terjun di Desa Toyopon Kecamatan Motoling Barat. Apalagi potensi wisata alam ini memiliki prospek yang menjanjikan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya warga yang berkunjung di lokasi wisata ini, meskipun harus melalui jalan yang rusak parah, sepanjang kira-kira 3 kilo meter dari pemukiman.

BACA JUGA:

8 ASN Pemprov Sulut kembali Terjaring Razia

Pramono Anung: Lulusan Unsrat Manado Harus Siap Hadapi MEA

Sumendap: Hubungan Saya dengan Wakil Bupati Tetap Harmonis

Sumendap-Kandoli Mulai Berseberangan?

Dinilai Sepelekan Daerah, Talent Show Putra-Putri Mitra di Manado Disorot

Wah, Ada Oknum Mengaku Tim Sukses ODSK Minta Fee, Jabatan dan Proyek

Ada lagi, kawasan Agrowisata pertanian Modoinding yang hingga kini belum digarap maksimal. Kendati daerah ini sangat cocok untuk wisata Pertanian, mengingat daerah ini terkenal dengan tanaman penghasil holtikultura.

Minsel , PAD,  Steven Tuwondila , Rendis Langkai,Wisata Minahasa selatan

Kawasan Agrowisata Modoinding (foto ist)

“Butuh keseriusan pemerintah untuk mengembangkan potensi wisata di kabupaten Minsel. Disamping itu juga perlu kreatifitas, inovasi dari instansi terkait mengembangkan dan mengelolah potensi wisata di Minsel, sehingga menjadi salah satu daerah tujuan wisata di Indonesia, ” ujar Steven Tuwondila dan Rendis Langkai generasi muda Minsel.

“Dampaknya pasti akan sangat besar, selain mendatangkan PAD untuk kemajuan pembangunan juga akan berimbas terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat. Dan ini tantangan untuk pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu dan Frangky Wongkar, bagaiman memberikan perhatian pada sector Pariwisata, ” tukas keduanya. (lou)

Baca Juga :

1 comment

  1. Adeline mengatakan:

    Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai pariwisata Indonesia dengan sejumlah wisata yang menarik.Benar benar sangat bermanfaat jika kita dapat mengetahui tempat wisata yang menarik dan penuh dengan suasana baru pada Indonesia.

Leave a comment