Wah, Ada Oknum Mengaku Tim Sukses ODSK Minta Fee, Jabatan dan Proyek

Manadotoday.co.id – Kasak-kusus yang ramai dibicarakan saat ini, ada sejumlah oknum yang mengaku tim sukses Gubernur dan Wakil Gubernur bermanuver minta fee proyek, dan jabatan di sejumlah instansi ternyata benar adanya.

Hal ini mendapatkan perhatian dari Ketua Barisan Militan Olly Dondokambey (BM-OD) Sulut Robby Dondokambey. “Manuver sejumlah oknum dengan mencatut nama Gubernur dan Wakil Gubernur telah meresahkan dan merugikan nama baik Olly Dondokambey dan Steven Kandouw,” ujar Dondokambey.

Dondokambey menghimbau masyarakat agar tidak percaya serta melayani manuver jabatan dan proyek ataupun iming-iming materi oleh oknum yang mengaku tim sukses Gubernur dan Wakil Gubernur tersebut.

Modus oknum dimaksud, lanjut Dondokambey, yakni mengatur jabatan pemerintahan serta proyek dengan meminta uang panjar (fee) kepada kontraktor. Bahkan ada oknum yang meminta tiket kepada pejabat dengan menjual nama gubernur. Perilaku sejumlah oknum mengaku tim sukses dan orang dekat Gubernur, lanjut dia, telah mencoreng citra Pemerintah Provinsi Sulut dan nama baik Dondokambey.

Isu ini mendapatkan perhatian dari Pengamat politik dan pemerintahan Ferry Liando. Liando menilai pernyataan tegas Robby Dondokambey, kakak kandung Gubernur Olly Dondokambey itu, memberi angin segar bagi pemerintahan Sulut. Dalam amatan Liando, sejak dilantik Februari lalu situasi pemerintahan OD-SK “belum normal” yang akhirnya dimanfaatkan para oknum.

“Para oknum sengaja mengakses foto-foto dengan gubernur dan wakil gubernur di media sosial dengan maksud mempertontonkan kepada pejabat dan masyarakat bahwa dia orang dekat Gubernur,” katanya.

Ia mengatakan waktu enam bulan sejak Februari hingga Agustus adalah periode waktu “abu abu” dalam pemerintahan Provinsi Sulut yang memberi peluang oknum dan pejabat “bermain” mendapatkan jabatan dan proyek.

Liando mengibaratkan periode waktu abu abu adalah “cermin raksasa” atau perangkap dari Gubernur  mengetahui lebih jelas dan kongkrit siapabyangbprofesional, siapa pendukung siapa pendukung setia dan siapa yang benar benar teman. “Saya sangat yakin pak gubernur dan Wagub tengah melakukan penilaian itu, untuk dijadikan modal membangun Sulawesi Utara,” katanya. (tim)