“Stok Pangan Jelang Bulan Puasa di Sulut Aman”

SULUT, (manadotoday.co.id) – Stok pangan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menjelang perayaan bulan puasa oleh umat Muslim, aman. Hal itu disampaikan Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Sulut, Jemmy Kuhu.

Dikatakan Kuhu, ketersediaan dan distibusi pangan di Sulut cukup stabil dan terkendali, bahkan sampai perayaan hari raya Idul Fitri nanti.

Menurut dia lagi, pihaknya telah melakukan langkah-langkah yang terkait dengan stabilitas harga, antara lain melalui penguatan lembaga distribusi pangan masyarakat (P-LDPM) dan pengembangan system informasi harga (panel harga) analisis harga dan akses pangan.

“Selain ketersedian pangan, keamanan pangan juga menjadi perhatian kami. Keamanan pangan merupakan syarat penting yang harus melekat pada pangan yang hendak di konsumsi oleh masyarakat,” terang Kuhu.

Oleh karena itu menurut mantan Kepala Badan Perwakilan Sulut di Jakarta ini, pelaku industri pangan yang berperan sebagai pengedar pangan ke konsumen, harus memenuhi standar mutu dan keamanan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Kami akan terus meningkatkan fungsi pengawasan dan pembinaan keamanan pangan, bekerjasama dengan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM,red) Sulut.” tukas Kuhu. (ton)