Pria Dengan Pekerjaan Paling Berbahaya di Dunia

Reporter : | 18 Mei, 2016 - 7:21 pm WITA

pembersih ranjau , ranjau , Ian Mansfield

Ian Mansfield menerima bunga dari seorang petani Afghanistan setelah lahannya dibersihkan dari ranjau (foto: news.com.au)

MANADOTODAY.CO.ID – Bagi kebanyakan orang, satu kesalahan kecil bukanlah akhir dari dunia. Tetapi bagi mereka yang bekerja sebagai pembersih ranjau darat, satu kesalahan kecil saja bisa mengirim Anda mereka keluar dari dunia.

Ian Mansfield menghabiskan lebih dari dua dekade di Angkatan Darat Australia sebelum memulai pekerjaan kemanusiaan untuk PBB dan sebuah perusahaan berbasis di Jenewa yang mengkhususkan diri untuk membersihkan ranjau.

“Begitu berada di tanah, ranjau darat tidak pandang bulu, antara teman atau musuh, manusia atau hewan, wanita atau anak. Mereka bisa bertahan lama dan menunggu untuk melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan. ” ungkap Mansfield kepada News.com.au.

Tujuan mereka (ranjau) adalah untuk membunuh dan membuat cacat – dengan sekitar 50 sampai 60 negara memiliki program pembersihan ranjau aktif.

Mansfield mengatakan bahaya yang ditimbulkan ranjau tidak pernah jauh dari pikiran orang-orang yang bekerja untuk membersihkan mereka setiap hari. Kuncinya menurut dia adalah “pelatihan yang baik, peralatan yang baik dan perencanaan yang baik”.

Tapi kadang-kadang itu bahkan tidak cukup.

“Sekarang banyak pekerjaan pembersihan ranjau darat dilakukan oleh warga sipil, dengan melatih penduduk setempat untuk melakukannya. Memberi mereka gaji dan keterampilan dan mereka jelas memiliki motivasi untuk membersihkan negara mereka, karena itulah langkah pertama sebelum pengungsi bisa kembali. ”

BACA JUGA:

Kisah Hidup Suku Mundari yang Mandi Kencing Sapi Untuk Cegah Infeksi

Buat Smartphone Lebih Cepat, IBM Ingin Ganti RAM dengan Teknologi PCM

Sibuk Dengan Smartphone Saat Malam Pertama, Suami Langsung Ceraikan Istri Barunya

Bosan Pacaran Satu Tahun? Pasangan Ini Pacaran 44 Tahun Baru Akhirnya Menikah

Alasan Mengapa Rajin ke Gereja Dapat Membuat Anda Panjang Umur

Miliki RAM 4 GB dan Kamera 16 MP, Samsung Siap Luncurkan Galaxy C5 dan C7?

Dengan berlatar belakang pelatihan militer, Mansfield memimpin tim untuk membersihkan ranjau darat. Dia mengatakan kunci keberhasilan mereka – dan kelangsungan hidup – adalah tentang manajemen risiko. Bagian dari itu adalah mengetahui jenis perangkat yang bisa dipakai di baris depan.

“Ranjau darat adalah persenjataan cukup standar untuk sebagian besar negara … [Untuk menanganinya] Jika menemukannya, tinggal letakkan TNT disebelahnya dan ledakkan.”

Masalahnya saat ini, meskipun, improvised explosive devices (IED) semakin banyak ditemui. Dan mereka adalah masalah yang jauh lebih besar dan lebih mematikan.

“Itu [IED] jauh lebih sulit dan membutuhkan skill dan pelatihan yang lebih tinggi.”

Dalam kebanyakan kasus itu dirancang untuk menghancurkan tank sehingga memicu mereka seperti ranjau darat bukan selalu pilihan yang baik.

pembersih ranjau , ranjau , Ian Mansfield

Seorang tentara Turki menggunakan detektor ranjau darat saat berpatroli di jalan dekat Yuksekova dekat perbatasan Irak (foto: news.com.au)

“Jadi, Anda harus menjinakkan atau memindahkannya. Dan itu sangat bahaya, karena masalahnya, orang-orang yang menaruhnya sangat licik. ”

IED juga dapat dipicu dengan ponsel.

Dia mengatakan kelompok kemanusiaan “mendorong mereka hingga ke batas” ketika mereka beroperasi di daerah-daerah seperti Irak utara yang baru-baru ini merupakan zona pertempuran aktif.

“Kebanyakan organisasi kemanusiaan tidak akan ingin terjun langsung ke lapangan … tragisnya dalam kasus ini mereka seperti sudah dipasangi bom.”

Dalam arti bahwa mereka berada “tepat di titik puncak di mana mereka harus melakukannya”. Mereka yang mantan militer sudah dilatih untuk menerima bahaya sampai batas tertentu, “Tapi malang bagi mereka yang lain, warga sipil, tragisnya dua kali lipat.”

Baca Juga :

Leave a comment