Buat Smartphone Lebih Cepat, IBM Ingin Ganti RAM dengan Teknologi PCM

Reporter : | 18 Mei, 2016 - 5:41 pm WITA

Smartphone , IBM , RAM , PCM, Phase-Change Memory MANADOTODAY.CO.ID – Sebuah laporan yang diterbitkan Selasa mengungkapkan bahwa IBM Research sedang mengembangkan teknologi penyimpanan optik yang mungkin akan menggantikan RAM dan flash storage di smartphone masa depan. Disebut Phase-Change Memory (PCM), teknologi itu dianggap terlalu mahal untuk digunakan pada perangkat mobile seperti smartphone. Teknologi ini menggunakan arus listrik untuk write dan read data dari kaca amorf.

PCM telah digunakan dalam disk optik dan teknologi lainnya selama lebih dari 15 tahun. IBM tidak hanya menemukan cara untuk mengurangi biaya, juga menemukan metode untuk menyimpan 3-bit data per sel bahkan dalam suhu ruangan yang tinggi. Ditunjukkan pada hari Selasa saat IEEE International Memory Workshop di Paris, mereka akan menurunkan biaya PCM sehingga akan menyaingi flash dan lebih murah daripada DRAM.

BACA JUGA:

Kisah Hidup Suku Mundari yang Mandi Kencing Sapi Untuk Cegah Infeksi

Ingin Cegah Kanker Payudara? Wanita Harus Makan Makanan Ini Sejak Remaja

Sibuk Dengan Smartphone Saat Malam Pertama, Suami Langsung Ceraikan Istri Barunya

Bosan Pacaran Satu Tahun? Pasangan Ini Pacaran 44 Tahun Baru Akhirnya Menikah

Alasan Mengapa Rajin ke Gereja Dapat Membuat Anda Panjang Umur

Miliki RAM 4 GB dan Kamera 16 MP, Samsung Siap Luncurkan Galaxy C5 dan C7?

Tidak seperti RAM, PCM tidak kehilangan data ketika dimatikan. PCM dan flash dapat bekerja bersama-sama untuk menghasilkan cache yang cepat dan ringan. Sebagai contoh, IBM mengatakan bahwa sistem operasi perangkat bisa disimpan dalam PCM, yang memungkinkan perangkat untuk boot-up dalam hitungan detik.

“PCM menggunakan dua keadaan stabil, amorf (tanpa struktur yang jelas) dan fase kristal (dengan struktur), masing-masing dengan konduktivitas listrik rendah dan tinggi. Untuk menyimpan ‘0’ atau ‘1’, dikenal sebagai bit, pada sel PCM, arus listrik tinggi atau menengah diterapkan pada materi. ¬†‘0’ dapat diprogram untuk write pada¬†fase amorf atau ‘1’ pada fase kristal, atau sebaliknya. Kemudian untuk membaca bit menerapkan tegangan rendah. Ini seperti Disc Blue-ray rewritable”-. IBM Research

Kita tidak tahu bagaiman nantinya PCM, namun berdasarkan apa yang kita ketahui sekarang, ini bisa mengubah cara menyimpan dan memanggil data pada perangkat masa depan, sehingga pengguna akan lebih cepat mengakses informasi yang mereka inginkan.

Baca Juga :

Leave a comment