Hujan Lebat, Drainase di Depan SMA Negeri 1 Meluap

Reporter : | 04 Mei, 2016 - 4:19 pm WITA

Genangan air di ruas jalan trans Sulawesi depan SMA N 1 Amurang, akibat drainase yang tidak dapat menampung debet air. (foto: manadotoday)

Genangan air di ruas jalan trans Sulawesi depan SMA N 1 Amurang, akibat drainase yang tidak dapat menampung debet air. (foto: manadotoday)

AMURANG, (manadotoday.co.id) – Hujan lebat yang mengguyur Ibu Kota Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Amurang, Rabu (4/5) sekitar pukul 13.30 Wita membuat drainase di Keluarahan Bitung, tepatnya depan SMA Negeri 1 Amurang meluap, dikarenakan tak bisa menampung debet air.

Pelak saja, akibat luapan tersebut, menyebabkan ruas jalan di lokasi drainase digenangi air hingga betis orang dewasa, hingga membuat kemacetan kendaraan bermotor di satu arah.

Terpantau manadotoday.co.id, sejumlah warga terlihat antusias membersihkan drainase yang, tersumbat akibat sampah meskipun hujan deras.Selain itu juga terlihat warga lainnya, mengatur jalannya lalulintas agar arus kendaraan yang melintas dari arah Manado menuju pusat Kota Amurang lancar.

“Meluapnya air disebabkan akibat tumpukan sampah yang memenuhi selokan air, dan warga tanpa dikomando langsung datang membersihkan,” ujar Nando Liando salah satu warga Kelurahan Bitung.

Sayangnya, pada kejadian ini tidak terlihat petugas terkait atau pemerintah setempat yang datang membersihkan drainase yang tersumbat.

Dari kejadian ini, salah satu hal yang bisa dicermati yakni, masih minimnya kesadaran warga terhadap kebersihan lingkungan, sehingga masih membuang sampah di sembarangan tempat, kendati berdampak negative bagi kesehatan dan lingkungan. (lou)

Baca Juga :

Leave a comment