Gubernur Sulut Apresiasi Peran PKK Tunjang Program Pemerintah

Reporter : | 26 Apr, 2016 - 11:42 pm WITA

Puncak Peringatan Hari Persatuan Gerak PKK ke-44 Tingkat Provinsi Sulut

Gubernur Sulut, Sulawesi Utara,  Olly Dondokambey, TP. PKK Sulut, Ir Ritha Maya Tambuntuan,

Puncak Peringatan Hari Persatuan Gerak PKK ke-44 Tingkat Provinsi Sulu

RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, memberikan apresiasi atas peran Tim Penggerak (TP) PKK, menunjang program pemerintah khususnya dalam membangun interaksi sosial. Hal itu dikatakan Dondokambey, pada acara peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG PPK) ke-44 Tingkat Provinsi Sulut, yang digelar di Aula Serba Guna Pemkab Minahasa Tenggara (Mitra), Selasa (26/4/2016).

“Saya merasa bangga karena sinergitas ini dibangun tidak hanya dengan pemerintah melainkan juga dengan masyarakat serta segenap pemangku kepentingan atau stakeholders pembangunan. PKK membangun sinergitas dengan berbagai organisasi termasuk kalangan industri pariwisata serta organisasi sosial lainnya, dalam upaya mendukung berbagai program pembangunan berkelanjutan pemerintahpada bidang sosial kemasyarakatan ditengah pasang surut dinamika kehidupan yang berlangsung,” terang Dondokambey.

Dijelaskannya, berbagai design program dan kegiatan yang dicanangkan dan dilaksanakan oleh TP PKK Sulut, telah dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat. PKK telah mampu menjadi ujung tombak dan mitra aktif pemerintah dalam menghadirkan kesejahteraan masyarakat.

“Hal ini senantiasa dibuktikan melalui fleksibilitas program yang mampun menyentuh dan melibatkan kaum perempuan secara merata, mulai dari daerah perkotaan hingga pelosok pedesaan,” tukas Dondokambey.

Disisi lain, Olly sapaan familiar orang nomor satu di Sulut ini, menyatakan, kendati demikian pekerjaan kita belum berakhir karena realitas saat ini menunjukan kita sedang diperhadapkan dengan segudang tantangan dalam dimensi global seperti kekerasan terhadap perempuan dan anak, perdagangan manusia (Humas Trafficking), dan mempekerjakan anak-anak dibawah umur.

“Menjawab realitas dan tantangan tersebut, tentunya berbagai upaya dan langkah konkrit harus turut dimantapkan dan ditingkatkan melalui komitmen dan semangat kebersamaan dalam kerangka peningkatan kualitas hidup bagi perempuan dan anak dalam kesatuan keluarga,” pesan Dondokambey.

BACA JUGA:

Wawali Minta Dinas Kebersihan Manfaatkan Hasil Pengomposan di TPA

Singkoh: PKK Kecamatan se-Minahasa Harus Berperan Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Peringati HKG ke-44, PKK Minahasa Tenggara Komitmen Dukung Program Pemerintah

Dishubkominfo Mitra Berlakukan Penyesuaian Tarif Angkutan Umum

Ivansa Minta Warga Minahasa Waspadai Cuaca Ekstrim

JWS – IVANSA Diminta Akur Hingga Akhir Jabatan

Sementara Ketua TP. PKK Sulut Ir Ritha Maya Dondonkambey Tambuntuan, menyebutkan, program gerakan pencegahan kanker pada perempuan Indonesia ini merupakan inisiatif awal dari Ibu Negara RI, Ibu Iriana Widodo, dan telah dicanangkan untuk tingkat pusat oleh organisasi aksi solidaritas era (OASE) kabinet kerja yang dipimpin Ibu Negara.

“Program ini akan berlangsung selama lima tahun yang sudah dimulai dan dicanangkan pada 21 April 2015 lalu. Ibu Negara berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berjenjang dari pusat sampai ke daerahdan untuk tingkat provinsi. Dan diharapkan juga kegiatan ini didukung oleh Dinas Kesehatan dan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak,” tandas Ibu Ritha.

Ia menambahkan, menurut Ibu Negara lagi, melibatkan secara khusus PKK karena PKK memiliki data yang sangat detil sehingga dapat membantu proses sosialisasi program ini.

“Selain itu pendataan PKK lebih mudah dan efisien,” ujar isteri tercinta dari Gubernur Sulut ini. Pada bagian lain, Ibu Ritha mengatakan, di provinsi Sulut tentunya akan mendukung kegiatan ini, dengan secara kontinyu melaksanakan seteksi dini kanker cervix yang melibatkan unsur PKK yang bekerjasama dengan instansi terkait dalam hal ini Dinas kesehatan.

“Sasaran perempuan dengan iva di Sulut ini ada 36.00 perempuan, dimana Tahun 2015 sasaran target pemeriksaan adalah 750 perempuan. Namun Tahun 2015 sasaran pemeriksaan melebihi target yaitu 1440 perempuan,” ujar Ibu Ritha.

Diketahui, pada kesempatan itu juga telah diserahkan berbagai hadirah juara lomba HKG PKK ke-44 yang diikuti kader-kader PKK Kabupaten/ Kota.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Bendahara PKK Pusat Ibu. Endang Nugrahani Pramono Anung, Wakil Ketua TP PKK Sulut dr Kartika Devi Kandouw Tanos, Bupati Mitra James Sumendap, Wakil Bupati Mitra, dan sejumlah Bupati dan Walikota serta Ketua TP KKK Kabupaten dan Kota se-Sulut. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment