Peringati HKG ke-44, PKK Minahasa Tenggara Komitmen Dukung Program Pemerintah

Reporter : | 26 Apr, 2016 - 8:51 pm WITA

PKK Minahasa Tenggara, Hari Kesatuan Gerak, HG PKK,Ny Endang Nugrahani Pramono Anung,RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-44 se-Sulawesi Utara (Sulut) di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) yang diikuti ribuan pengurus dan anggota PKK dari Provinsi serta Kabupate dan Kota menunjukkan komitmen sebagai salah satu mitra dari pemerintah.

Kegiatan yang dihadiri Bendahara PKK Pusat Ny Endang Nugrahani Pramono Anung, mengambil tema ‘’Dengan HKG ke-44 Tahun Kita Wujudkan Kinerja Gerakan PKK Melalui Penguatan Dasawisma’’.

Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Minahasa Tenggara Ny Jein Sumendap-Rende SE Ak dalam sambutannya mengatakan, dengan pelaksanaan kegiatan HKG ini menunjukkan pentingnya peran PKK dalam kehidupan sosial kemasyarakatan khususnya dalam keluarga.

“Kami selaku tuan rumah berharap melalui kegiatan ini akan memberikan manfaat serta motivasi dalam melaksanakan tugas dan fungsi kita yang ada dalam PKK,” ujar Rende.

Selain itu dirinya menuturkan dengan kegiatan tersebut menjadi bentuk komitmen dari PKK sebagai salah satu mitra dari pemerintah dalam upaya pemberdayaan keluarga di masyarakat.

“PKK Berupaya memberdayakan mensejahrteakan keluarga, sehingga ini menjadi tugas kita semua sebagai mitra bagi pemerintah,” katanya.

BACA JUGA:

Wawali Minta Dinas Kebersihan Manfaatkan Hasil Pengomposan di TPA

Ronald Kandoli Promosikan Potensi Pariwisata Minahasa Tenggara di Media Nasional

DPD Diminta Banyak Dilibatkan dalam Pembahasan RUU

Dishubkominfo Mitra Berlakukan Penyesuaian Tarif Angkutan Umum

Jalan Lowu-Kalatin Minahasa Tenggara Diaspal

Hari Ini, DPRD Minsel Rekam Aspirasi Konstituen

Sementara Ketua TP-PKK Sulut Ir Rita Dondokambey-Tamuntuan saat membacakan sambutan tertulis Ketua PKK Pusat Erni Guntarti Tjahjo Kumolo mengatakan, Gerakan PKK selama ini adalah mitra kerja pemerintah melaksanakan pembangunan.

Seluruh upaya yang dilakukan oleh gerakan PKK harus diarahkan pada terwujudnya kehidupan keluarga yang lebih maju, mandiri, bahagia sehat dan sejahtera. Peran dari PKK tambahnya, dapat menjadikan keluarga yang merupakan kelompok terkecil dalam masyarakat harmonis dan sejahtera.

“Hal ini hendaknya tercermin dalam keluarga yang saling asih asah asuh sebagai norma dasar terwujudnya keharmonisan keluarga yang didukung oleh kehidupan sosial ekonomi yang memadai,” kata Tamuntuan.

Sementara Pembina PKK Sulut yang juga Gubernur Olly Dondondokambey mengatakan, pentingnya pemerintah daerah memberikan dukungan setiap program dan kegiatan dari PKK yang disiapkan melalui anggaran daerah.

“Apalagi selama ini dukungan dari PKK sangat penting dalam mendorong perekonomian, sosial kemasyarakatan, serta pembangunan dan pemerintahan,” kata Gubernur.

Selain itu dirinya mengajak pemerintah untuk bekerjasama dengan PKK dalam peningkatan kesejahteraan yang menyentuh kaum perempuan dari perkotaan sampai pelosok.

Bupati James Sumendap dalam sambutannya juga menyampaikan rasa terima kasih kepada TP-PKK Sulut dan Kabupaten/Kota yang telah mempercayakan Minahasa Tenggara menjadi tuan rumah pelaksanaan HKG.

“Saya mewakili masyarakat dan jajaran pemerintahan di Kabupaten Minahasa Tenggara mengucapkan banyak terima kasih untuk kepercayaan yang diberikan kepada daerah kami sehingga menjadi tuan rumah HKG ini. Tentunya sebagai daerah yang baru kami masih banyak melakukan pembangunan di segala bidang, dan selama ini dukungan dari PKK juga sangat terasa dalam program-program pemerintah,” ujarnya.

Pada kegiatan tersebut juga diserahkan bantuan KIE deteksi dini kanker leher rahim ke Ketua PKK Sulut Ny Rita Dondokambey didampingi Wakil Ketua PKK Sulut dr Kartika Devi Kandow-Tanos dari organisasi aksi solidaritas era kabinet kerja Presiden Joko Widodo yang kemudian diserahkan ke Ketua PKK Minahasa Tenggara Ny Jein Sumendap-Rende SE Ak serta penyerahan bibit cabe dari Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolda Sulut Brigjen Pol Wilmar Marpaung didampingi Ketua Bhanyangkari Sulut Ny Laura Wilmar Marpaung, Ketua Kerukunan Istri Anggota Dewan Ny Irene Angow- Pinontoan, mantan Ketua TP-PKK Sulut Ny Adelin Mangindaan Tumbuan, mantan wakil TP-PKK Sulut Sus Sualang Pangemanan, perwakilan Forkopimda Sulut. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment