Wawali Minta Dinas Kebersihan Manfaatkan Hasil Pengomposan di TPA

Reporter : | 26 Apr, 2016 - 8:11 pm WITA

TPA, Pengomposan , Maurits Mantiri,

Wawali Bitung saat memantau di TPA Aertembaga

BITUNG, (manadotoday.com) – Hasil pengomposan yang dikelolah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bitung, diharapkan Wakil Walikota Maurits Mantiri, agar dimanfaatkan dalam rangka meningkatkan kesuburan tanah guna peningkatan hasil produksi tanaman.

“Saya minta Dinas Kebersihan bekerjasama dengan Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan Kehutanan dan Ketahanan Pangan untuk memanfaatkan hasil pengomposan,” kata Mantiri disela-sela kunjungan kerja di TPA Aertembaga, Selasa (26/4).

Pada kesempatan itu, Wawali juga menginstruksikan Dinas Kebersihan, segera memperbaiki fasilitas penunjang di TPA yang kondisinya rusak sehingga tidak mempengaruhi jalannya aktivitas di TPA.

BACA JUGA:

Sukses, Paripurna Istimewa Penyampaian Rekomendasi DPRD Atas LKPJ Kepala Daerah TA 2015

Ronald Kandoli Promosikan Potensi Pariwisata Minahasa Tenggara di Media Nasional

DPD Diminta Banyak Dilibatkan dalam Pembahasan RUU

Dishubkominfo Mitra Berlakukan Penyesuaian Tarif Angkutan Umum

Jalan Lowu-Kalatin Minahasa Tenggara Diaspal

Hari Ini, DPRD Minsel Rekam Aspirasi Konstituen

“Dan untuk gas methane di TPA agar tidak hanya diperunutkan oleh para pemilah sampah di sekitar TPA. Namun jika mencukupi sebaiknya disalurkan kepada masyarakat sekitar. Sebab gas Methane bisa dijadikan sebagai pengganti gas yang digunakan untuk memasak oleh masyarakat,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Merianti Dumbela, menanggapi harapan Wakil Walikota soal pemanfaatan Gas Methane, menyatakan pihaknya tentu akan menyalurkan pemanfaatan gas methan kepada masyarakat jika memang hasil gas methan di TPA mencukupi.

“Gas methan selain berfungsi untuk kebutuhan memasak, juga berfungsi mengurangi dampak pencemaran lingkungan akibat penumpukan sampah dan menjaga kelestarian lingkungan TPA,” tukasnya. (*/lou)

Baca Juga :

Leave a comment