Bangun Tidur Terasa Lelah dan Lesu, Mungkin Satu Dari Delapan Hal Ini Penyebabnya

Reporter : | 25 Apr, 2016 - 7:28 pm WITA

tidur baik, tips sehat, gangguan tidur, tidur

(foto: Pixabay)

MANADOTODAY.CO.ID – Sudah tidur tujuh sampai sembilan setiap hari, tapi kenapa tubuh masih saja terasa lemah, letih dan lesu.

Ternyata hal tersebut tidak selalu tergantung pada diet dan gaya hidup kita. Menurut Goodtoknow.co.uk, ada delapan hal mengejutkan yang mungkin menghalang tubuh Anda untuk mendapatkan energi yang cukup.

1. Kamar yang berantakan

Menurut penelitian terbaru oleh Universitas St. Lawrence di New York. Kamar tidur berantakan dapat meningkatkan kecemasan dan memiliki dampak negatif pada tidur Anda.

Para ahli dari Universitas Princeton Neuroscience Institute juga menemukan bahwa kondisi bertanakan dapat mencegah Anda untuk fokus karena hal tersebut mengganggu otak Anda.

2. Dinding biru

Sebuah studi Travelodge menemukan bahwa warna biru adalah warna yang paling menenangkan dan dapat membantu mengurangi denyut jantung dan menurunkan tekanan darah.

Meskipun biru baik untuk warna dinding kamar tidur, namun itu dapat merusak produktivitas kerja Anda jika ditempatkan di ruang kerja.

3. Perangkat elektronik

Warna biru pada dinding tidak sama baiknya dengan cahaya biru yang dihasilkan perangkat elektronik seperti smartphone. Cahaya biru ini dikatakan mengurangi rasa kantuk , pemakain dalam waktu lama dapat merusak siklus tidur alami Anda.

BACA JUGA:

Awas, Delapan Makanan Ini Bisa Membunuh Anjing Kesayangan Anda

Rutin Mengkonsumsi Kacang Dapat Menambah Umur Anda Sebanyak Dua Tahun

Bisa Rusak Paru-paru dan Hati, Stop Kencing Di Kolam Renang!!

Desa Ini Mengoleksi 300 Penduduk Dengan Umur Lebih Dari 100 Tahun

Ini yang Terjadi di Otak Jika Anda Tidak Tidur

Ya, Patah Hati Bisa Membuat Anda Mati

4. Lilin beraroma

Psikolog di University of Southampton menemukan bahwa lilin beraroma lavender dapat membuat Anda merasa tenang dan meningkatkan kualitas tidur.

Tapi, sementara itu baik untuk membuat Anda tidur dengan mudah, lilin jenis ini pada dasarnya menguras energi Anda.

5. Berolahraga

Berolahraga merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan tidur malam yang lebih baik, tapi jika berlebihan, hal itu malah akan membuat Anda kelelahan.

6. Tirai kamar

University of Massachusetts melakukan penelitian terhadap lebih dari 600 orang dewasa dan menemukan bahwa perasaan depresi, emosi, mudah marah dan kecemasan, tertinggi terjadi pada musim dingin dan terendah di musim panas.

Ken Goodrick, Ph.D., seorang psikolog di Baylor College of Medicine di Houston, mengatakan kepada Redbook bahwa “Jika tidak ada cukup cahaya alami, tubuh akan masuk kedalam mode tidur”.

7. Terlalu banyak kafein

Kopi dan teh dapat membuat Anda bertenaga tapi jika dalam jangka panjang, itu bisa membuat Anda merasa kurang berenergi.

Kafein adalah stimulan, itu memberikan energi tinggi secara instan, tapi Anda pasti tau, semua yang tinggi akan jatuh dan dampaknya akan sangat terasa.

Sebaiknya beralih ke air, karena dehidrasi sering menyebabkan kelelahan.

8. Alkohol

Banyak yang percaya bahwa segelas alkohol dapat membantu Anda menemukan rasa kantuk dan sulit untuk mebantah fakta tersebut.

Tapi, meskipun itu dapat membuat Anda tertidur dengan cepat, alkohol sering mengakibatkan tidur malam yang gelisah dan hal ini dapat membuat Anda terasa lebih lelah.

Baca Juga :

Leave a comment