Pemkab Minahasa-Kejari Tondano Teken Nota Kesepakatan Penegakan Hukum

Reporter : | 24 Apr, 2016 - 10:15 pm WITA

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Pemerintah Kabupaten Minahasa dengan Kejaksaan Negeri (Kejari Tondano Jumat (23/4/2016) menandatangani nota kesepakatan terkait penegakan hukum. Penandatanganan tersebut, sebagai tindak lanjut terbentuknya Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Minahasa.

TP4D itu sendiri berfungsi mengawal, mengamankan dan mendukung keberhasilan jalannya pemerintahan dan pembangunan melalui upaya-upaya pencegahan/preventif dan persuasif.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tondano Saptana Setyabudi SH MH mengatakan, kerja sama ini dilakukan di bidang hukum perdata dan tata usaha negara yang meliputi bantuan hukum, pertimbangan hukum dan tindakan hukum lainnya.

Salah satunya dengan memberikan pendampingan kepada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Minahasa yang menangani Dana Desa dan Alokasi Dana Desa.

“Yang penting dana apapun digunakan sesuai peruntukan dan tidak perlu khawatir sebab dana tersebut tetap dipertanggungjawabkan,” ujar Setyabudi.

Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajouw (JWS) berterimakasih dan menyambut baik penandatanganan nota kesepakatan ini. Upaya ini dimaksudkan untuk mempererat silaturahmi antara pihak Kejari Tondano dan Pemkab Minahasa.

“Kami akui ada ketakutan para pengelola keuangan di setiap SKPD dalam membelanjakan anggaran. Yang penting dana tersebut tidak dikorupsi, kolusi, dan nepotisme. TP4D di Kabupaten Minahasa diharapkan Kejaksaan dan Pemkab Minahasa dapat bersinergi mendukung peningkatan serapan anggaran,” ungkap JWS.

Turut hadir dalam acara ini, Ketua TP4D Minahasa Ryan J Untu SH yang juga sebagai Kasie Intel Kejari Tondano serta seluruh jajaran Kejaksaan Negeri Tondano.

Sedangkan dari Pemkab Minahasa turut dihadiri Sekdakab Jeffry Robby Korengkeng SH MSi, Asisten I Dr Denny Mangala MSi, Staf Khusus Bupati Minahasa Bidang Hukum, Inspektur, Kaban BPMPD, Kaban BPKBMD dan Kabag Hukum. (rom)

Baca Juga :

Leave a comment