Pemkot Tomohon Gelar Sosialisasi Manajemen Kearsipan

Reporter : | 19 Apr, 2016 - 10:46 pm WITA

Manajemen Kearsipan, Drs M GM Gagola SH MHTOMOHON, (manadotoday.co.id)—Bertempat di Aula Lantai 3 kantor Wali Kota Tomohon, Selasa (19/4/2016) Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kota Tomohon menggelar kegiatan Sosialisasi Manajemen Kearsipan di tingkat SKPD, Kecamatan, Kelurahan dan Puskesmas se-Kota Tomohon.

Kepala Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kota Tomohon Jeanet H Tumurang, SPd dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengkoordinasikan, sinkronisasikan antar satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang terkait dalam hal menata arsip.

Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Ekonomi dan Pembangunan Ronni Lumowa SSos MSi berharap, melalui kegiatan ini bisa meningkatkan pemahaman terhadap tujuan pengertian azas dan tata cara penyelenggaraan kearsipan.

BACA JUGA:

Ahok Tawarkan Penerapan Program Kota Cerdas kepada Pemkot Tomohon

Aneh… Bank SulutGo Cabang Amurang Tolak Nasabah Lunasi Pinjaman

4.982 Siswa SMP dan MTs di Minahasa Siap Ikut UN

Kinali, Satu-satunya Desa-Kelurahan di Minahasa tak Terima Raskin

Pemkab Mitra Pecat Dua ASN dengan Tidak Hormat

Sertifikasi Guru Triwulan Pertama di Minahasa Kemungkinan Cair Mei

‘’Sehingga dapat mewujudkan akuntabilitas kinerja yang baik dan berwibawa agar arsip yang tercipta dapat menjadi barang bukti, sarana informasi, pengambilan kebijakan serta bahan pembelajaran yang dapat terpecaya dan dapat digunakan untuk pertanggungjawaban nasional dengan peraturan perundang-undangan kearsipan yang berlaku,’’ kata Lumowa membacakan sambutan wali kota.

Di akhir sambutan, dia mengharapkan agar para peserta dapat mengolah atau menata arsip sebagai alat bukti yang sah serta memelihara dan melestarikan, sehingga arsip yang ada di Kota Tomohon dapat bernilai guna demi tercapainya tujuan pembangunan Kota Tomohon di bidang kearsipan.

Tampil sebagai narasumber yakni Kepala Badan Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi Provinsi Sulawesi Utara Drs M GM Gagola SH MH yang menyampaikan materi Kebijakan Pemerintah Tentang Kearsipan dan UU No. 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan. Selanjutnya Anton Lengkong S Pd membawakan materi Manajemen Arsip Dinamis Aktif, Pengklasifikasian dan Pengolahan Arsip Dinamis Aktif. Serta Agato Koraag membawa materi Pemberkasan dan Praktek Pengklasifikasian dan Pengolahan Arsip Dinamis Aktif. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment