Kerja Sama dengan IDEA Consultants dan Unsrat, JWS Bakal Kirim Mahasiswa Training ke Jepang

Reporter : | 18 Apr, 2016 - 6:25 pm WITA

TOKYO, (manadotoday.co.id) – Kunjungan Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi dan Sekdakab Jeffry Korengkeng SH MSi serta beberapa jajarannya ke Tokyo mendapat respon sangat positif dari pihak IDEA Consultants Inc Jepang.

Pasca digelarnya workshop tentang penanganan dan rehabilitasi Danau Tondano pada akhir pekan lalu di Tokyo, Bupati JWS bersama Chairman & CEO IDEA Consultants Inc Jepang Dr Hideo Tabata dan Rektor Universitas Sam Ratulangi Manado Prof Dr Ellen Kumaat menyepakati suatu kerja sama di bidang pendidikan dengan memprogramkan pelaksanaan pelatihan ketrampilan atau Training bagi 25 Mahasiswa UNSRAT asal Kabupaten Minahasa selama sebulan di Jepang setiap tahun.

Dikatakan Bupati bahwa dalam kunjungan delegasinya tahun lalu hanya fokus pada penanganan eceng gondok di Danau Tondano. Pada pertemuan workshop kemarin telah disepakati juga kerja sama di bidang pendidikan dengan mengutus 25 Mahasiswa asal Minahasa untuk untuk dilatih di Jepang yang dimulai pada bulan Oktober 2016 ini.

“Ini follow up kerja sama antara Pemkab Minahasa dengan UNSRAT dan IDEA Consultants waktu lalu” ungkap Bupati pilihan rakyat Minahasa ini.

BACA JUGA:

Pilkada Minahasa 2018: Ivansa Kemungkinan Gunakan Kendaraan Partai Golkar

Astaga!!! Guru Agama dan Siswi SMP Stella Maris Tomohon Diduga Terlibat Mesum

Bupati Minsel: Monumen di Bukit Sasayaban Bukan Tempat Penyembahan Berhala

MaMa Bertekad Jadikan Bitung Hebat

Perbuatan Mesum Oknum Guru dan Siswa SMP Stella Maris Tomohon Dilakukan di Sekolah

Berkaca dari Kasus SMP Stella Maris, Mogi: Harus Selektif Terima Siswa Pindahan

Gaji Honor di Dinas Kehutanan Minsel (Hanya) 1 Juta/Bulan

Diuraikannya, peserta program ini adalah mahasiswa asal Minahasa, di mana orang tua dan mahasiswa ini tinggal di Minahasa dan memiliki KTP Minahasa.

“Mereka akan mengikuti training selama 3 minggu hingga 1 bulan di Jepang. Materinya akan didesain bersama para pakar di UNSRAT dan IDEA Consultans” kata Bupati.

Menyangkut pendanaan, pihak Pemkab Minahasa akan membiayai transport dari Manado ke Tokyo. Sementara biaya akomodasi dan pelatihan selama di Jepang akan ditanggung oleh pihak IDEA Consultants Inc, tambahnya.

Minggu ini Pemkab Minahasa dan UNSRAT akan mendiskusikan pra persiapannya, menyangkut pelaksanaan seleksi peserta, kursus singkat Bahasa Jepang, hingga tentang waktu keberangkatan dan kepulangan peserta, kata Bupati.

Diharapkan Bupati agar program ini akan membuka wawasan Mahasiswa UNSRAT asal Minahasa dan akan mengembalikan kejayaan Tou Minahasa dalam menjawab tantangan masa depan.

“Mari para putra putra Minahasa untuk persiapkan diri dan berkompetisi dalam menjawab tantangan global. Setiap tahun kami targetkan minimal 25 orang untuk di utus. Bersiaplah diri anda dari sekarang” ungkap Bupati terbaik pilihan rakyat Minahasa ini.

Sementara untuk agenda Bupati JWS dan rombongan di Jepang selanjutnya, menurut Kabag Humas dan Protokol Agustivo Tumundo SE MSi didampingi Sespri Bupati Dedit Telaumbanua SPt, akan menghadiri Ibadah Minggu di Gereja GMIJ Imanuel Suzuka Jepang.

“Sebelumnya Bapak Bupati dan rombongan melakukan peninjauan di pegunungan Fujiyama, dan akan kembali ke tanah air pada Selasa 19/4 dari Kansai Osaka Airport dengan menumpang maskapai penerbangan Singapore Airlines dan tiba di Tondano pada Rabu 20/4 nanti”urai Tumundo. (Rom)

Baca Juga :

Leave a comment