Sehari, Kota Tomohon Dikunjungi DPRD Batang dan DPRD Kediri

Reporter : | 12 Apr, 2016 - 10:04 pm WITA

Pertuaran cendera mata Pemkot Tomohon-DPRD Batang

Pertuaran cendera mata Pemkot Tomohon-DPRD Batang

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Luar biasa daya tarik Kota Tomohon di mata daerah lain di Indonesia. Buktinya, dalam sehari, Selasa (12/4/2016) didatangi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dua daerah berlainan yakni Kabupaten Batang Provinsi Jawa Tengah dan Kota Kediri Provinsi Jawa Timur.

Komisi A DPRD Kabupaten Batang berjumlah 11 orang diterima Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan Ronni Lumowa SSos MSi dan Kasat Pol PP James Rotikan SE dan Sekretaris Dinas Kesehatan dan Sosial dr John Lumopa di Aula Kantor Wali Kota.
Wakil Ketua DPRD Batang H Nur Untung Slamet SE, selaku ketua tim mengatakan maksud kunjungan mereka adalah untuk mengetahui dari dekat bagaimana penegakan Perda-Perda, sehingga dalam membangun daerah tercipta suasana yang kondusif.

‘’Kami berharap Pemkot Tomohon bisa bertukar pikiran dengan kami tentang penegakan Perda, mengingat di daerah kami belum semua Perda telah ditegakkan,’’ kata Slamet.
Melalui diskusi, Slamet memuji serta memberikan apresiasi kepada pemerintah Kota Tomohon yang menyampaikan hal-hal yang sangat berguna berkaitan dengan penegakan Perda.

Sementara itu Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan mengungkapkan, mewakili wali kota dan seluruh masyarakat Kota Tomohon, ia menyambut baik kedatangan para anggota DPRD Kabupaten Batang.‘’Kami selalu siap ketika ada daerah lain yang ingin saling mempelajari mengenai cara pelaksanaan pemerintahan yang ada di Kota Tomohon,’’ ucap Sompotan.

Wakil Wali Kota kemudian menguraikan potens ang dimiliki Kota Tomohon seperti bidang pariwisata. ‘’Banyak tempat wisata di Kota Tomohon yang sudah dikenal baik oleh wisatawan lokal maupun manca negara, ketika pengunjung datang di Tomohon pastinya dapat merasakan suasana udaranya yang sejuk serta panorama alamnya yang indah sehingga membuat para pengunjung untuk selalu ingin datang kembali mengunjungi Tomohon,’’ tambahnya.

Wawali juga mensosialisaskan even akbar yang akan dihelat pada Agustus yakni Tomohon International Flower Festival (TIFF) yang selalu menyedot perhatian wisatawan domestik dan mancanegara, yang saat ini sudah menjadi kegiatan tahunan Pemerintah Kota Tomohon. Di akhir kunjungan, kedua daerah saling bertukar cendera mata.

Sore harinya, giliran Komisi C DPRD Kota Kediri yang berkunjung. Rombongan yang dipimpin Komisi C Reza Darmawan bersama seluruh tim yang berjumlah 24 orang termasuk para kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah dan dilaksanakan di Aula Kantor Wali Kota.

DPRD Kota Kediri yang berkunjujng ke Kota Tomohon

DPRD Kota Kediri yang berkunjujng ke Kota Tomohon

Rombongan dari Kota Kediri diterima oleh Asisten Administrasi Umum Ir H V Lolowang MSc didampingi Kadis Tarumansa Drs ODS Mandagi dan para sekretaris dinas dalam SKPD yang terkait dengan kunjungan kerja ini yakni sekretaris Dikda, DisKesos, Bappeda mewakili kepala Dinas.

Lolowang menjelaskan keunikan dan kindahan Tomohon serta prestasi yang telah diraih oleh pemerintah bersama masyarakat Kota Tomohon. Begitu juga dengan promosi pelaksanaan TIFF 2016 yang nantinya akan dilaksanakan pada bulan Agustus.
Dalam kunker ini Komisi C Kota Kediri banyak menanyakan mengenai kiat-kiat sukses Pemerintah Kota Tomohon dalam menata SKPD-SKPD, memberdayakan masyarakat dan potensi lainnya di Kota Tomohon, sehingga banyak memperoleh penghargaan dari Pemerintah Pusat. Komisi ini juga menanyakan Peraturan Daerah yang telah ditetapkan guna mendukung suksesnya pelaksanaan pembangunan dan kemasyarakatan yang telah menyentuh kebutuhan pokok dan mendasar sehingga dinikmati publik.

Selanjutnya Darmawan selaku ketua rombongan mengatakan maksud dan tujuan kedatangan mereka ke Tomohon adalh ingin menambah wawasan terkait capaian dan prestasi-prestasi yang telah ditorehkan Pemrintah Kota Tomohon dalam kesehatan, pendidikan, sosial kemasyaraktan, perencanana pembangunan  dan kebersihan.

Oleh karena itu rombongan yang ikut dalam kunjungan kerja ini melibatkan beberapa instansi strategis seperti yang ada dalam pokok bahasan dalam kunker ini. Hasil kunjungan kerja yang diperoleh di sini menurutnya akan selain menambah wawasan bagi mereka tentunya juga dapat sebagai acuan ke depan untuk menjadi lebih baik. (ark)

 

Baca Juga :

Leave a comment