Wabup Mitra: Raih WTP, Pengelolahan Keuangan dan Aset Harus sesuai SAP

Reporter : | 11 Apr, 2016 - 5:25 pm WITA

RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Wakil Bupati (Wabup) Minahasa Tenggara (Mitra) Ronald Kandoli Senin (11/4/2016) membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Evaluasi Pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2015 yang dilaksanakan di Hotel Gran Puri Manado.

Kandoli dalam sambutannya di depan para peserta yang terdiri Kepala Dinas/Badan, Camat, Kepala Bagian, dan Bendahara memintakan agar dapat mengikuti Bimtek sebaik mungkin.

“Apalagi Bimtek ini membahas hal yang sangat tentang peraturan-peraturan terkait keuangan dan aset daerah yang digunakan dalam pengelolaan keuangan. Khususnya bagaimana SKPD melakukan pengelolaan aset daerah, serta pengelolaan keuangan sesuai Sistem Akuntansi Pemerintah (SAP) yang kini sudah berbasis akrual,” kata Kandoli.

BACA JUGA:

Kakorlantas Polri Canangkan KTL 9 Daerah di Sulawesi Utara

Hari Ini Bupati Mitra Serahkan LKPD ke BPK

Pemkot Bitung Komitmen Wujudkan Program Pemerintah Pusat

Manado – Bitung Target Pemerintah Pusat Bangun Kawasan Indonesia Timur

OD – SK Evaluasi Kinerja Pejabat Pemprov Sulut

Dirinya mengingatkan setiap pengelolaan dan pemanfaatan keuangan harus berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, tegasnya.

“Karena upaya dari pemerintah kabupaten mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang mantap dalam setiap pemanfaatan anggaran. Ini dimaksudkan agar dalam hasil pemeriksaan nanti dapat mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian, karena itu merupakan tujuan kita bersama,” terang Kandoli didampingi Sekretaris Daerah Ir Farry Liwe.

Sementara Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Barang Milik Daerah (BPK-BMD) Mecky Tumimomor mengatakan, Bimtek tersebut terkait Peraturan Pemerintah Nomor 27 tahun 2014 Pengelolaan Barang Milik Daerah, Permendagri 64 Tahun 2013 tentang Penerapan SAP Berbasis Akrual Pada Pemerintah Daerah.(ten)

Baca Juga :

Leave a comment