Presiden Minta Kepala Daerah Jalankan Kebijakan Pembangunan Pemerintahan Jokowi-JK

Reporter : | 08 Apr, 2016 - 11:30 pm WITA

JAKARTA, (manadotoday.co.id) – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), meminta Kepala Daerah (Kada) baru yakni Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota hasil Pilkada Serentak 2015 lalu yang sudah dilantik, segera menjalankan kebijakan pembangunan yang dilaksanakan pemerintahan Jokowi-JK dengan serius.

Hal itu ditegaskan Presiden Jokowi, ketika memimpin rapat kerja bersama pemerintah dan pemerintah daerah yang dilaksanakan di Istana Negara Jakarta, Jumat (8/4/2016).

Sementara Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung melalui keterangan pers, menyebutkan, Presiden Jokowi memanggil para Kada hasil Pilkada Serentak 2015 ini, guna pengarahan kepada mereka khususnya terkait anggaran.

“Presiden memberikan arahan kepada para kepala daerah yang baru terpilih, baik itu bupati, wakil bupati, gubernur dan wakil gubernur, wali kota dan wakil wali kota,” ujar Pramono.

Dikatakan dia, arahan Presiden lagi agar apa yang menjadi kebijakan di pusat betul-betul bisa diturunkan sampai di daerah. “Terutama adalah Presiden ingin mengubah paradigma tentang anggaran karena tidak lagi sama dengan paradigma anggaran seperti yang sebelumnya,” katanya. Pramono menambahkan, pada paradigma anggaran sebelumnya, anggaran dibagi habis, maka saat ini diubah menjadi uang mengikuti program.

“Sekarang diubah oleh Pak Presiden menjadi uang itu mengikuti program. Apa yang menjadi prioritas daerah, dari pemerintah,” terangnya. Sedangkan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw usai mengikuti rapat, menyatakan Pemprov Sulut sangat siap menjalankan setial kebijakan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah pusat.

“Di mana visi dan misi pemerintahan dari OD-SK dalam membangun Sulut, semua diambil berdasarkan program nawa cita yang dilaksanakan oleh Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla,” terang Dondokambey.

Pada kesempatan yang sama, dilaksanakan pula pertemuan antara Ibu Negara Iriana Joko widodo bersama para Ketua Tim Penggerak PKK dan Wakil Ketua Tim Pengerak PKK se Indonesia, yang turut hadir didalamnya yakni Ketua PKK dan Wakil Ketua PKK Sulut, Rita Dondokambey-Tamuntuan, dan dr Devi Kandouw-Tanos. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment