Ini yang Sebenarnya Terjadi Ketika Anda Memencet Jerawat

Reporter : | 28 Mar, 2016 - 10:31 pm WITA

MANADOTODAY.CO.ID – Anda merupakan tipe orang yang senang memencet jerawat? jika iya, maka perlu Anda tau ketika Anda menekan jerawat, sebum, sel kulit mati dan bakteri dipaksa naik ke permukaan kulit, yang dapat menyebarkan infeksi.

Seorang ahli dermatologi menjelaskan bahwa mencoba untuk ‘meledakan’ jerawat hanya menyebabkan material yang terinfeksi menyebar ke kulit sekitarnya – membuat masalah menjadi lebih buruk.

Hampir semua jerawat akan sembuh dengan sendirinya, Michelle Rodrigues, Konsultan dermatolog, Rumah Sakit St Vincent Melbourne menjelaskan kepada The Conversation.

BACA JUGA:

Menakutkan, Kokain Dapat Buat Otak Makan Dirinya Sendiri

Ini Alasan Mengapa Makan Pagi Teratur Dapat Mencegah Stroke

Wanita Akan Panjang Umur Jika Memiliki Banyak Anak, Studi Menemukan

Fatal Insomnia, Penyakit Mengerikan yang Membuat Anda TIDAK PERNAH Bisa Tidur dan Akhirnya Mati

Rodrigues mengatakan, ‘Memencet dan mencoba untuk mengeluarkan jerawat bukan solusi terbaik dan benar-benar dapat membuat kulit Anda lebih parah.

‘Jerawat seperti tas kecil di bawah kulit yang mengandung minyak, bakteri, dan peradangan. Menekannya dapat mengakibatkan isinya terdorong keluar ke kulit di sekitarnya, membuat masalah lebih buruk. Hal ini juga dapat menyebabkan infeksi dan penggelapan sementara di daerah sekitar kulit.

‘Di atas semua itu, peradangan dapat menjadi begitu buruk hingga meninggalkan bekas luka saat jerawat sembuh. Dan bekar luka ini bisa menjadi permanen.

‘Jika Anda menahan keinginan untuk tidak memencetnya, jerawat biasanya akan sembuh dalam waktu satu minggu atau tanpa bekas luka. Cairan “Putih” juga akan dengan sendirinya keluar.’

Baca Juga :

Leave a comment