Luar Biasa, Paus Francis Basuh Kaki Pengungsi Muslim dan Hindu

Reporter : | 25 Mar, 2016 - 10:50 pm WITA

Paus Francis, Muslim , paskah

(foto: ‘Osservatore Romano/AP)

MANADOTODAY.CO.ID – Paus Francis membasuh dan mencium kaki pengungsi yang beragama Muslim, Kristen dan pada Kamis dan menyatakan mereka semua adalah anak-anak dari Tuhan yang sama. Ini dia lakukan saat meningkatnya sentimen anti-Muslim setelah serangan Brussels.

Kamis Kudus, merupakan ritual pembasuhan kaki yang Yesus dilakukan pada para rasul-Nya sebelum disalibkan, dan dimaksudkan sebagai isyarat pelayanan. Francis membandingkan isyarat dengan “isyarat kehancuran” yang dilakukan oleh penyerang Brussels, mengatakan mereka ingin menghancurkan persaudaraan kemanusiaan diwakili oleh para imigran.

BACA JUGA:

Dondokambey Ibadah Jumat Agung Bersama Jemaat GMIM Maranatha Kuhun Manado

Sempurnakan Rancangan Renja, Pemkot Tomohon Gelar Forum Gabungan SKPD

Perayaan Paskah, ASN di Minahasa Libur Panjang

Wow, Keluarga Ini Cari ‘Pembantu Rumah Tangga’ Dengan Gaji Rp 2,3 Miliar

“Kami memiliki budaya dan agama yang berbeda, tapi kami bersaudara dan kami ingin hidup dalam damai,” kata Francis dalam kotbahnya dikutip dari Time.com.

Beberapa imigran kemudian menangis saat Francis berlutut di depan mereka, menuangkan air suci dari kendi kuningan atas kaki mereka, membasuh kemudian mencium mereka.

Francis disambut dengan spanduk bertuliskan Welcome” dalam berbagai bahasa saat ia berjalan menyusuri lorong darurat di penampungan Castelnuovo di Porto, untuk merayakan Misa. Tapi hanya sebagian kecil dari 892 pencari suaka yang tinggal di penampungan yang hadir, dan banyak kursi disediakan kosong. Pada akhir Misa, Francis mendatangai setiap pengungsi, satu per satu, banyak dari mereka mengambil foto selfie dengan Paus.

Baca Juga :

Leave a comment