ESDM Minahasa Targetkan Capaian PAD Tahun 2016 Rp.4,5 M

Reporter : | 21 Mar, 2016 - 4:10 pm WITA

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Minahasa Drs. Donald Wagey, mengatakan, Tahun 2016 ini pihaknya telah menagetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di sektor galian C, tahun 2016 ini sebesar Rp.4,5 Miliar.

“Tahun lalu, sektor ini sudah menyumbang ke kas daerah sebesar 4 M, dan tahun ini kami asumsikan akan naik menjadi 4,5 M,” ucap Wagey, Senin (21/3/2016).

Lanjut dikatakan Wagey, pihaknya secara terus menerus melakukan berbagai upaya guna mengenjot pendapatan ini, terutama dengan melakukan sosialisasi Perda tentang galian C kepada masyarakat, seperti yang akan dilakukan Rabu (23/3) pekan ini di Tateli Kecamatan Mandolang yang merupakan wilayah tambang galian 9 terbanyak.

Selain itu, Wagey sangat berharap agar masyarakat yang hendak melakukan penambangan galian C tetap mengacu pada ketentuan yakni melakukan pengurusan perijinan usaha.

“Sektor galian C sangat menjanjikan oleh karena sektor ini merupakan sektor andalan pemerintah untuk memasksimalkan pendapatan asli daerah, karena potensi ini akan menjadi prioritas,” ucap Wagey, sambil menambahkan bahwa selain PAD sektor galian C, pemkab Minahasa juga mendapatkan bagi hasil dari sektor panas bumi dan pertambangan lainnya. (rom)

Baca Juga :

Leave a comment