Walikota Tomohon: Tangani Raskin, Perlu Sinkronisasi dan Koordinasi

Reporter : | 15 Mar, 2016 - 9:37 pm WITA

Raskin, Raskin tomohon, TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak mengungkapkan, untuk menangani penyaluran Beras Miskin (Rasmin), perlu adanya sinkronisasi dan koordinasi semua pihak seperti pemerintah dalam hal ini lurah dengan masyarakat sebagai penerima. Hal ini dikatakan Eman pada kegiatan Pembinaan Penyaluran Beras untuk Keluarga Miskin di Aula Lantai 3 Kantor Walikota Tomohon Selasa (15/3/2016).

Menurut Eman, program Raskin merupakan salah satu program penanggulangan kemiskinan bangsa dan perlindungan sosial melalui pengurangan beban pengeluaran masyarakat miskin serta perbaikan gizi.

‘’Untuk meningkatkan efektivitas program Raskin tahun 2016, maka sangat diperlukan adanya sinkronisasi dan koordinasi antar seluruh komponen masyarakat, didalamnya lurah dan instansi terkait, serta masyarakat umum untuk secara bersama-sama menciptakan keadaan yang kondusif sehingga program ini dapat mengurangi beban pengeluran keluarga miskin melalui pemberian bantuan kebutuhan pangan dalam bentuk beras dan akan terlaksana dengan baik serta kena sasaran,’’ kata Eman.

Kaitannya dengan program pemerintah Provinsi Sulut tentang penuntasan kemiskinan Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK), Eman menyatakan sangat mendukung.

Kesempatan yang sama Kabag administrasi perekonomian Setda Kota Tomohon Yeff H Anes SP sebagai pelaksana kegiatan dalam laporannya mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk menyelaraskan pemahaman dari semua pihak yang terkait dalam pengelolaan Raskin di Kota Tomohon, serta untuk merumuskan berbagai permasalahan yang muncul di lapangan, untuk menyukseskan program pemerintah dalam rangka menanggulangi kemiskinan serta mengurangi beban pengeluaran dalam mencukupi kebutuhan pangan.

Ditambahkannya untuk penetapan pagu program subsidi beras bagi masyarakat berpendapatan rendah di Kota Tomohon 2016, Kecamatan Tomohon Utara jumlah Rumah Tangga Sasaran (RTS) 1.532, dengan quantum (Kg) 275.760. Tomohon Tengah 702 RTS, 126.360 Kg, Tomohon Selatan 1.332 RTS, 239.760 Kg, Tomohon Timur 648 RTS, 116.640 Kg, dan untuk Tomohon Barat 5.445 RTS 980.100 Kg.

Hadir sebagai peserta tim koordinasi raskin kecamatan dan Kota Tomohon, para camat dan lurah se-Kota Tomohon, serta para kepala dan perwakilan SKPD terkait, dan untuk pemateri Kepala divisi perum bulog regional Sulut dan Gorontalo Sabarudin Amrullah SE MSi, Koordinator lapangan wilayah Tomohon Andy Iskandar. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment