Hanya Diminum Satu Kali Seminggu, Jus Buah Ini Bisa Buat Anda Tambah Pintar

Reporter : | 15 Mar, 2016 - 3:46 pm WITA

blackcurrant , jus blackcurrant , manfaat blackcurrant

(foto: Pixabay)

MANADOTODAY.CO.ID – Sekelompok peneliti telah menemukan bahwa mengkonsumsi jus blackcurrant dapat meningkatkan kesehatan otak kita secara signifikan dan itu akan membantu memerangi dan mencegah berbagai masalah kesehatan yang berbeda.

Alasan utama dibalik manfaat kesehatan ini adalah senyawa antosianin. Ini merupakan pigmen alami yang ditemukan dalam blackcurrant dan buah berry lainnya.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Functional Foods, dilakukan oleh sekelompok peneliti dari lembaga penelitian herbal dan makanan di Selandia Baru dan rekan-rekan mereka dari University of North Umbria di Inggris, telah menemukan bahwa jus alami ini benar-benar merangsang fungsi otak dan meningkatkan kesehatan.

Kelompok peneliti telah mengikuti 36 orang, berusia 18 hingga 35 tahun selama tiga minggu. Peserta penelitian ini telah minum 140 ml jus blackcurrant, seminggu sekali, sebelum mereka melakukan serangkaian tes.

Pada akhir penelitian, para ahli medis sangat terkejut dengan hasilnya. Mereka menemukan bahwa jus blackcurrant memiliki efek positif yang besar pada kemampuan kognitif peserta, hanya dalam satu jam setelah penyerapan, dan analisis darah menunjukkan konsentrasi tinggi oksidase monoamine. Dan Anda harus tahu bahwa neurotransmiter ini (norepinefrin, dopamin, serotonin) dapat mempengaruhi regulasi mood. Mereka dapat mempengaruhi perkembangan penyakit neurodegenerative tertentu, seperti penyakit Parkinson misalnya.

Para ahli medis mengaitkan fenomena ini dengan pengaruh antosianin, yang memiliki kemampuan untuk menghambat enzim tertentu – oksidase monoamine. Anthony Watson, salah satu penulis studi, mengatakan dikutip dari naturalhealingmagazine.com, bahwa semua jenis currant memiliki efek yang sama.

Baca Juga :

Leave a comment