Gubernur dan Wagub Sulut Canangkan Program ‘ODSK’

Reporter : | 13 Mar, 2016 - 5:43 pm WITA

foto 1

Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw, bersama Ketua PKK dan Wakil Ketua PKK Sulut, menggunakan pakaian adat Bolsel.

BOLSEL, (manadotoday.co.id) – Sebagai langkah untuk menurunkan angka kemiskinan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur, Steven Kandouw, mencanangkan program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK).

Pencanangan ini dilaksanakan di Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel), Sabtu kemarin, bertepatan dengan kunjungan perdana pasca dilantiknya Dondokambey dan Kandouw, sebagai Gubernur dan Wagub Sulut bulan Februari lalu.

foto 2

Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw, bersama Bupati Bolsel, ketika pencanangan program ODSK.

Dalam sambutannya, Dondokambey mengatakan, dalam upaya percepatan pembangunan yang dilaksanakan guna pencapaian kesejahteraan rakyat, diperhadapkan pada berbagai permasalan mendasar diantaranya penanggulangan kemiskinan. Dimana untuk Provinsi Sulut sampai dengan bulan September Tahun 2015 angka kemiskinan mencapai 217,150 jiwa atau sekitar 8,98 persen dari jumlah penduduk Sulut, yang penyebarannya jauh lebih tinggi di daerah perdesaan yakni mencapai angka 159,140 jiwa, atau 12,10 persen, dibandingkan dengan daerah perkotaan sebesar 58,000 jiwa atau 5,26 persen.

foto 3

Gubernur Sulut Olly Dondokambey, menyerahkan bantuan kepada petani Bolsel.

“Menyikapi hal ini, sebagai pemimpin baru Sulut kami mengambil berbagai langkah nyata salah satunya lewat program strategi penanggulangan kemisinan daerah – operasi daerah selesaikan kemiskinan (SPDK- ODSK,red) ini, yang implememtasinya akan di jabarkan melalui beberapa lrogram strategis, khususnya di bidang pendidikan, pertanian, perindag, koperasi-UMKM), tenaga kerja dan pemberdayaan perempuan,” terang Dondokambey.

Lanjut Ketua DPD I PDIP Sulut ini, pelaksanaan program ini kiranya mampu menurunkan persentase kemiskinan di Sulut secara signifikan.

“Bahkan diharapkan mampu memenuhi target RPJNM 2015-2019 untuk Sulut yakni pada angka 5,1 persen,” ungkap Dondokambey.

foto 4

Gubernur Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven Kandouw, Ketua TP PKK Rita Dondokambey Tumuntuan, Wakil TP PKK dr. Katrika Devi Tanos, Ketua DPRD Sulut Andrey Angouw, dan Bupati Bolsel, menyerahkan bantuan untuk perbaikan rumah.

Pada kunjungan Gubernur dan Wagub Sulut di Kabupaten yang berbatasan langsung dengan provinsi Gorontalo ini, menyerahkan juga bibit kelapa unggul serta menyerahan secara simbolis bantuam renovasi 65 unit rumah tidak layak huni (RTLH) untuk tiga kabupaten yakni Bolsel, Sangihe dan Mitra.

Selain itu, di lokasi kegiatan di Kantor DPRD kompleks perkantoran panango Bolsel, Gubernur dan Wagub disambut sekaligus dengan tiga adat oleh Bupati Bolsel Herson Mayulu. Tiga adat dimaksud yaitu adat Bolango, Gorontalo dan adat Mongondow.

Hadir pada kegiatan tersebut, Ketua TP PKK Sulut Rita Dondokambey Tumuntuan, Wakil TP PKK Sulut dr. Katrika Devi Tanos, Ketua DPRD Sulut Andrey Angouw, jajaran Forkopimda Sulut, para Bupati/Walikota, serta pejabat di Lingkup Pemprov Sulut. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment