Terkendala Status Kepemilikan, Sejumlah Objek Wisata di Mitra Belum Dikembangkan

Reporter : | 10 Mar, 2016 - 10:57 pm WITA

Objek Wisata,  Drs Robby Sumual ,  Wisata Dodoku Aer Konde, Pantai Bentenan

Drs Robby Sumual

RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Minahasa Tenggara Drs Robby Sumual mengakui pihaknya masih menemui kendala untuk mengembangkan sejumlah ojek wisata. Ini dikarenakan status lahan yang masih milik masyarakat.

“Kendala yang kita alami karena lahan yang di kawasan objek wisata belum dihibahkan oleh masyarakat ke pemerintah,” katanya.

Sumual menuturkan, syarat untuk pengembangan kawasan objek wisata, harus ada hibah lahan dari masyarakat.

“Kita tak mungkin melakukan pengembangan kalau masyarakat belum menghibahkan lahannya, karena untuk pengembangan kawasan objek wisata tak ada ganti rugi lahan,” jelasnya.

Lokasi wisata yang terkendala kepemilikan lahan tambah Sumual adalah Ojek Wisata Dodoku Aer Konde, Pantai Bentenan dan kawasan sekitar Taman Laut Tumbak.

“Meski pemerintah sudah siap untuk melakukan pengembangan di kawasan objek wisata tersebut, tapi sampai sekarang belum ada hibah dari masyarakat,” jelasnya.

Ia berharap agar masyarakat yang memiliki lahan di kawasan objek wisata agar dapat menghibahkan sebagian lahan untuk dibangun fasilitas pendukung.

“Karena jika objek wisata ini dikembangkan, akan berdampak pada makin meningkatnya wisatawan yang berkunjung, serta membantu perekonomian masyarakat di sekitar kawasan itu sendiri,” tukasnya.(ten)

Baca Juga :

Leave a comment