Peter Sondakh, Putra Kawanua yang Masuk Jajaran 10 Besar Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2016

Reporter : | 02 Mar, 2016 - 5:38 pm WITA

Peter Sondakh, Putra Kawanua, kekayaan Peter Sondakh

Peter Sondakh (foto: Forbes)

MANADOTODAY.CO.ID – Putra Kawanua masuk jajaran 10 besar orang terkaya di Indonesia. Peter Sondakh yang lahir di Manado pada 23 Juli 1953 menjadi orang terkaya no 9 di Indonesia dengan kekayaan $ 1,8 miliar atau setara dengan Rp 23,4 triliun dikutip dari Forbes. Untuk level global, Peter duduk di urutan 1011 orang terkaya di dunia.

Peter Sondakh yang mempersitri Evan Kwee, meneruskan bisnis yang dimulai oleh ayahnya sejak tahun 1954. Karena kematian mendadak sang ayah, Peter harus mengambil alih bisnis minyak kelapa dan ekspor kayu milik ayahnya saat dia baru berusia 20 tahun.

Dia kemudian mendirikan Rajawali Corporation untuk terjun dalam bisnis properti sebagai perluasan dari bisnis sang ayah. Namun setelah menyadari bisnis properti kurang menguntungkan, pada tahun 1984, perusahaan Rajawali Corporation membangun kemitraan dengan Bambang Trihatmodjo, putra almarhum mantan presiden Indonesia Soeharto. Bersama-sama, mereka membangun Grand Hyatt di Jakarta.

Meski sempat disambar krisis moneter (krismon) sampai-sampai Peter Sondakh dan Grup Rajawali-nya sempat sekarat. Namun berbekal strategi yang matang dan fokus pada tiga bidang properti, pertambangan dan perkebunan, Peter kembali muncul dan menjadi global player yang disegani.

Memang ada yang lain dengan cara bisnis Peter, dia dikenal sebagai sosok yang rajin jual-beli perusahaan. Karena itu ada orang yang lebih suka menyebutnya sebagai investor ketimbang pebisnis.

Berdasarkan catatan PDBI periode 1976-1996 tadi, ada 13 perusahaan yang diakuisisi dan 6 perusahaan didivestasi. Di sisi lain, grup usaha ini memiliki andil (penyertaan saham) di 13 perusahaan. Adapun total anak usaha dan perusahaan terafiliasi yang dimiliki Peter mencapai 49 perusahaan. (sumber: wikipedia)

 

Baca Juga :

Leave a comment