Saat Dewasa, Anak Bisa Tuntut Orang Tua yang Upload Foto Masa Kecil Mereka di Medsos

Reporter : | 02 Mar, 2016 - 4:51 pm WITA

Medsos, foto anak, prancis

(foto: Pixabay)

MANADOTODAY.CO.ID – Orang tua yang meng-upload foto-foto anak-anak mereka di media sosial dapat digugat oleh putra atau putri mereka di bawah undang-undang privasi Prancis.

Ibu dan ayah menghadapi ancaman satu tahun penjara dan denda £ 35.000 atau setara dengan Rp 642 juta, jika mereka dihukum karena mempublikasikan rincian kehidupan pribadi anak-anak mereka tanpa izin.

Para ahli mengklaim anak-anak Prancis bisa menuntut orang tua jika mereka memposting foto-foto anak di situs web seperti Twitter dan Facebook.

“Dalam beberapa tahun, anak-anak bisa dengan mudah membawa orang tua mereka ke pengadilan karena memposting foto-foto ketika mereka masih kecil, “Eric Delcroix, seorang ahli hukum internet dan etika, mengatakan kepada surat kabar Le Figaro.

‘Anak-anak pada tahap tertentu tidak ingin difoto atau tidak ingin foto-foto mereka disebar ke publik.’

Dan saat anak dewasa dan menuntut orang tua karena melanggar hak privasi ketika masih anak-anak, mereka bisa menerima kompensasi, para ahli mengatakan.

Sebuah survei pada tahun 2015 yang dilakukan oleh Universitas Michigan, menemukan bahwa lebih dari 74 persen responden mengaku memiliki keraguan tentang memposting foto bayi di web, namun mereka mengikuti tren dan tetap melakukannya.

Mengkhawatirkan, 51 persen dari orang tua memberikan informasi pribadi bersama foto yang dapat mengidentifikasi lokasi anak.

Mereka juga menemukan bahwa lebih dari setengah ibu dan sepertiga ayah membahas kesehatan anak dan orangtua di media sosial.

Haruskan hukum serupa diterapkan di Indonesia???.

Baca Juga :

Leave a comment